Sosialisasi Hasil MIR dan Asesmen Siswa Kelas 1

Salah satu dari rangkaian kegiatan wali siswa kelas 1 angkatan 2024/2025 adalah mengikuti sosialisasi hasil MIR, yang diselenggarakan pada Hari Sabtu (29/1) di ruang pertemuan MIT Ar Roihan. Sosialiasi ini bertujuan untuk mengkomunikasikan hasil MIR kepada wali siswa. Dalam hal ini Dr. Lailil Qomariyah, M.Pd; selaku Kepala Madrasah menyampaikan bahwa setiap anak cerdas dan memiliki potensi yang meliputi delapan kecerdasan. Melalui MIR, delapan kecerdasan pada siswa terpetakan mulai dari kecerdasan yang dominan sampai pada kecerdasan yang belum terstimulus.

Delapan kecerdasan yang terukur melalui MIR adalah (1) Spasial, terkait dengan kemampuan berpikir abstrak dan multidimensi, siswa dengan kecerdasan ini menyukai aktifitas menggambar, menyusun lego, dan lain sebagainya. (2) Linguistik, memiliki kemampuan unggul yang peka terhadap makna kata, urutan kata, dan bunyi, ritme, infleksi, dan irama kata, siswa dengan kecerdasan ini biasanya mahir menulis cerita, menghafal informasi, dan membaca. (3) Logis-Matematis, siswa dengan kecerdasan ini, mahir menganalisis masalah secara logis, melakukan operasi matematika, dan menyelidiki masalah secara ilmiah. (4) Kinestetik, siswa dengan kecerdasan ini cenderung menyukai kegiatan yang melibatkan koordinasi gerak fisik dan atletik. (5) Musikal, kecerdasan ini menunjukkan bahwa seorang siswa memiliki kepekaan terhadap nada, ritme, melodi, dan timbre. Siswa dengan kecerdasan ini biasanya gemar menyanyi dan/atau bermain alat musik. (6) Naturalis, siswa dengan kecerdasan ini menyukai aktifitas yang terlibat langsung dengan alam, misalnya mengamati ragam hewan dan tumbuhan. (7) Interpersonal, siswa dengan kecerdasan ini memiliki kepekaan terhadap perasaan, karakter dan suasana hati orang lain. Siswa dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan interaksi dengan sesama dengan sangat baik. (8) Intrapersonal, kebalikan dari Interpersonal, siswa dengan kecerdasan ini memiliki kepekaan terhadap perasaan, tujuan, dan kecemasan diri sendiri, serta kemampuan untuk merencanakan dan bertindak berdasarkan sifat-sifatnya sendiri.

Setelah menyampaikan kecerdasan siswa secara umum, Dr. Lailil Qomariyah, M.Pd, membacakan pembagian kelas lalu mempersilahkan wali siswa untuk menemui wali kelas di ruang-ruang kelas 1. Pertemuan dengan wali kelas ini selain untuk mendiskusikan hasil MIR secara personal, juga untuk penyerahan seragam, buku, dan perlengkapan siswa. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00 hingga pukul 11.00 berlangsung dengan lancar.

Kami ucapkan selamat bergabung dengan keluarga besar MIT Ar Roihan untuk seluruh siswa kelas 1 angkatan 2024/2025.

Written by 

One Reply to “Sosialisasi Hasil MIR dan Asesmen Siswa Kelas 1”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *