Suka Cita Masa Ta’aruf Siswa Madrasah Tahun 2024

Libur kenaikan kelas telah usai, pekan ini madrasah kembali ramai. Tidak terkecuali MIT Ar Roihan, yang dengan meriah menyambut kedatangan siswa baru tahun ajaran 2024/2025. Langkah kecil penuh semangat dengan senyum mengembang adalah pemandangan suka cita yang jelas terlihat pada setiap siswa, yang pada hari pertama ini diperkenankan untuk didampingi oleh orang tua.

Dr. Lailil Qomariyah, M.Pd; selaku Kepala Madrasah dan beberapa guru, menyambut langsung kedatangan siswa pada Hari Senin (15/7). Siswa diperkenan untuk berfoto di booth yang telah disediakan, dan selanjutnya menuju halaman madrasah melalui jalan yang telah dihias dengan puluhan balon warna-warni. Di lapangan madrasah, enam wali kelas dan lima guru mata pelajaran kelas 1 telah bersiap mengarahkan siswa berbaris sesuai kelas, untuk mengikuti kegiatan Masa Ta’aruf Madrasah (Matsama) Tahun 2024. Rangkaian kegiatan Matsama digelar selama tiga hari, dimulai pada Hari Senin (15/7) hingga Hari Rabu (17/7) pukul 07.30 sampai pukul 10.00.

Sebelum acara dibuka, siswa diajak bernyanyi bersama yang bertujuan untuk menambah semangat siswa saat bersekolah di hari pertama. Tepat pukul 07.30 acara Matsama dibuka oleh Kepala Madrasah, dilanjutkan dengan gunting pita serta dimeriahkan hujan balon dan letupan confetti. Kemeriahan ini sukses menambah semarak dan kegembiraan pada setiap siswa.

Kepala madrasah memperkenalkan masing-masing wali kelas yang berdiri di depan barisan, selanjutnya perwakilan siswa dari masing-masing kelas diminta untuk maju ke depan menerima tanda pengenal Matsama dari Kepala Madrasah. Berbaris bersama wali kelas menuju ruang kelas adalah kegiatan berikutnya, orang tua diberikan waktu sekitar sepuluh menit untuk melihat kegiatan di kelas.

Jelang pukul 08.15, sebagai kegiatan di hari pertama adalah perkenalan siswa satu per satu pada teman sekelas di masing-masing kelas. Pukul 08.30 berlanjut pada kegiatan kenal lingkungan madrasah, pada kesempatan ini siswa diajak berkeliling untuk mengetahui tempat-tempat penting madrasah misalnya ruang guru; ruang UKS; kantin madrasah; toilet dan tempat cuci tangan di lingkungan madrasah; ruang makan; dan lain sebagainya. Pukul 09.45 siswa kembali ke kelas masing-masing, dan bersiap untuk pulang.

Hari kedua Matsama, Selasa (16/7) kegiatan difokuskan pada ruang kelas masing-masing. Kegiatan pertama adalah pengenalan baca Al Qur’an dengan metode tilawati. Pengenalan metode tilawati ini dilakukan secara klasikal dengan bimbingan wali kelas dan guru tahfidz. Setelah beristirahat selama tiga puluh menit, kegiatan dilanjutkan dengan mewarnai gambar yang telah disiapkan. Kegiatan mewarnai ini dilaksanakan, dengan tujuan untuk menjalin interaksi yang akrab baik antar siswa, maupun pada guru.

Pada Hari Ketiga sekaligus penutupan, Rabu (17/7) kegiatan pagi hari dimulai dengan berdoa bersama dan pengenalan baca tulis hitung. Pukul 09.00 seluruh siswa menuju halaman madrasah untuk senam bersama dengan bimbingan wali kelas dan tim.

Chullatul Lutfi, S.Pd.; selaku ketua pelaksana Matsama menuturkan bahwa kegiatan perkenalan yang dilaksanakan selama tiga hari ini bertujuan untuk mengenalkan budaya dan kegiatan madrasah secara bertahap.

Selamat datang dan selamat bergabung untuk seluruh siswa kelas 1 angkatan 2024/2025.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *