Kunjungan Belajar Siswa Kelas 3 ke Bagong Museum Tubuh

Kunjungan belajar luar sekolah merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan oleh siswa MIT Ar Roihan. Pekan ini, tepatnya pada Hari Kamis (26/9), 126 siswa kelas 3 dan 16 orang guru berkunjung ke Wisata Edukasi Bagong Museum Tubuh Batu, yang berlokasi di area Jawa Timur Park 1.

Bagong Museum Tubuh sengaja dipilih sebagai tempat untuk belajar secara nyata tentang panca indera manusia dan mengenal lebih dalam tentang fungsi panca indera, sekaligus mengetahui cara untuk menjaga kesehatan panca indera, sebagaimana diketahui bersama, bahwa menjaga kesehatan fungsi panca indera adalah sebuah keharusan demi terciptanya kesehatan tubuh yang sempurna.

Pemberangkatan dilaksanakan oleh Dr. Lailil Qomariyah, M.Pd; mewakili Kepala Madrasah, tepat pada pukul 07.30. Tepat pukul 08.45 seluruh peserta kunjungan tiba di Bagong Museum Tubuh. Sembari menunggu pembagian tiket, seluruh siswa kelas 5 berfoto bersama di area museum. Pukul 09.00, seluruh peserta telah masuk area dalam museum untuk mengikuti kegiatan edukasi bertajuk “Mengenal Panca Indera Lebih Dekat”

Kegiatan edukasi berisi penjelasan materi terkait bagian-bagian penting penyusun organ tubuh; cara menjaga kesehatan organ tubuh; fungsi organ; dan lain-lain menyesuaikan dengan jenis organnya. Penyampaian penjelasan melalui tutor langsung dari pihak Bagong Museum Tubuh yang telah bersiap di masing-masing organ tubuh. Rangkaian “Berjalan dalam Tubuh” dimulai dari Zona Lidah dan Gigi; Zona Telinga; lalu naik melalui tangga Saluran Eustachius ke Zona hidung sebagai organ penyaring udara; dan selanjutnya menuju beberapa organ lainnya.

Diantara banyaknya organ tubuh yang dipelajari pada kesempatan ini, Zona Mulut, Mata, dam adalah salah satu organ yang dipelajari secara mendalam. Pada zona ini pembahasan yang disajikan meliputi bagian-bagian dari alat indera beserta masing-masing fungsinya, serta cara untuk menjaga kesehatan alat indera tersebut.

Melalui kunjungan belajar ke Museum Tubuh ini diharapkan, siswa dapat menyadari pentingnya menjaga kesehatan fungsi organ tubuh bagi diri sendiri, dan selanjutnya diharapkan siswa dapat mengedukasi orang lain tentang hal tersebut, terutama pada keluarga terdekat, dan selanjutnya pada masyarakat.

Written by