Guru Inklusi dan Kepala MIT Ar Roihan, Pembicara di Malang Autism Summit 2024

Dr. Lailil Qomariyah, M.Pd.; Kepala MIT Ar Roihan Lawang, dan Ana Akhirul R, S.Psi.; Guru Pendamping Khusus menjadi pembicara pada sebuah konferensi yang bertajuk Malang Autism Summit 2024 “Menciptakan Perubahan Positif melalui Pribadi yang Tegas dan Komunitas”. Konferensi ini diselenggarakan pada Hari Kamis – Sabtu (3-5/10), bertempat di gedung Malang Creative Centre.

Hadir sebagai pembicara lainnya, antara lain Dr. Ruwinah Abdul Karim, Clinic Director Penawar Special Learning Centre Malaysia, sekaligus penggagas acara MAS 2024; Zavnura Pingkan, Co-Founder of Drisana Centre and Deputy Chairperson of SPEKIX, dan sebagainya. Konferensi bertaraf Intersional ini, dapat dihadiri secara umum dan bebas biaya. Sehingga siapapun, baik masyarakat, praktisi pendidikan, dan tentunya Guru Pendamping Khusus MIT Ar Roihan dapat hadir untuk belajar.

Pada konferensi ini, Ana Akhirul R.,S.Psi menyampaikan paparan terkait Strategi Manajemen Kelas yang Efektif untuk Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar. Sedangkan, Kepala MIT Ar Roihan, Dr. Lailil Qomariyah, M.Pd menyampaikan paparan Kebijakan dan Sistem Dukungan yang diperlukan untuk Pendidikan dan Pembangunan Anak-Anak Autisme.

Pada kesenpatan ini, MIT Ar Roihan juga menghadirkan pameran produk, unjuk kerja dan layanan Autism. Unjuk kerja Robotik ditampilkan oleh Rere, Devan (Siswa Inklusi Kelas 5), dan Arash; Ainiya dan Mirza unjuk kerja menggambar, serta Azzam unjuk kerja Animasi. Melalui pameran ini, MIT Ar Roihan menyuarakan lebih lantang tentang program inklusi yang diusung sedari awal madrasah berdiri, sebagai bentuk komitmen madrasah untuk melayani siswa tanpa diskriminasi.

Sebagaimana dilansir dari laman www.malangautismsummit.com, tujuan utama penyelenggaraan Malang Autism Summit 2024 (MAS24) adalah untuk mendorong dan memfasilitasi tindakan afirmatif dalam mengatasi autisme. Konferensi tahun ini akan membahas topik-topik seperti terapi, penelitian dan pengembangan, dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kemandirian dan kualitas hidup anak-anak autis. Pembicara terkemuka yang berspesialisasi dalam terapi klinis dan pendidikan khusus akan ditampilkan, bersama dengan peserta pameran yang menyajikan kemajuan terkini dalam produk dan layanan terkait.

Written by