Kunjungan Belajar Siswa Kelas 4 ke Batu Love Garden

Kunjungan belajar luar sekolah merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan oleh siswa MIT Ar Roihan. Pekan ini, tepatnya pada Hari Kamis (10/9), 128 siswa kelas 4 dan 18 orang guru berkunjung ke Wisata Edukasi Batu Love Garden (Baloga), yang berlokasi di area Kec. Bumiaji Kota Batu.

Baloga sengaja dipilih sebagai tempat untuk belajar secara nyata tentang ragam tumbuhan dan mengenal lebih dalam tentang cara perawatan tumbuhan, sekaligus mengetahui cara budidaya tumbuhan. Sebagaimana diketahui bersama, bahwa menjaga kelestarian tumbuhan adalah sebuah keharusan demi terciptanya alam yang sejuk, segar, dan memiliki kadar oksigen yang cukup.

Pemberangkatan dilaksanakan oleh Dr. Lailil Qomariyah, M.Pd; mewakili Kepala Madrasah, tepat pada pukul 07.30. Tepat pukul 08.45 seluruh peserta kunjungan tiba di Baloga. Sembari menunggu pembagian tiket, seluruh siswa kelas 5 berfoto bersama di area Baloga. Pukul 09.00, seluruh peserta telah masuk area untuk mengikuti kegiatan edukasi bertajuk “Mengenal Tumbuhan di Alam Terbuka “

Kegiatan edukasi berisi penjelasan materi terkait buah tropis; edukasi teknik cangkok dan praktek; edukasi teknik hidroponik lengkap dengan praktek. Penyampaian penjelasan melalui tutor langsung dari pihak Baloga yang telah bersiap di masing-masing tempat edukasi.

Naning Yuliati, S.Pd.; Ketua Panitia menuturkan bahwa, pemilihan Baloga sebagai lokasi kunjungan belajar bertujuan untuk menghadirkan pengetahuan dan pengalaman nyata terkait ragam tumbuhan, teknik perawatan tumbuhan, dan lain sebagainya. Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan dapat menyadari pentingnya menjaga kelestarian tumbuhan bagi kehidupan makhluk hidup lainnya, dan selanjutnya diharapkan siswa dapat mengedukasi orang lain tentang hal tersebut, terutama pada keluarga terdekat, dan selanjutnya pada masyarakat.

Written by