Dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi guru dan siswa. MIT Ar Roihan mengundang Dr. Khoirul Idawati, M.Pd. dan Dr. Hanifudin, M.Ag; Mentor Trainer Pasti Aksi Pasti Literasi untuk menjadi narasumber. Pelatihan yang diikuti oleh 80 orang guru serta 20 orang perwakilan siswa kelas 5 dan 6, dilaksanakan pada Hari Sabtu-Minggu (25-27/7).
Acara dibuka langsung oleh Dr. Lailil Qomariyah, M.Pd; Kepala MIT Ar Roihan tepat pada pukul 08.30. Hadir pula selama dua hari berturut-turut Yayuk Nur Hidayati, M.Pd; selaku Pengawas Kec. Lawang dan Fahruddin Alamsyah, S.Kom; selaku Ketua Komite.




Pada sesi awal di Hari Sabtu (26/7) sebagai perkenalan seluruh peserta diminta untuk menyebutkan nomor 1-10. Nomor tersebut disebutkan secara acak untuk memenuhi 5 baris dan 5 kolom. Selanjutnya peserta diminta menghafalkan angka-angka tersebut dalam waktu lima menit. Teknik menghafal yang diminta adalah menghafal secara horizontal dari depan, horizontal dari belakang, vertikal dari atas, vertikal dari bawah, dan diagonal. Dalam percobaan ini, hanya satu peserta yang mampu menghafal 1 baris dengan menyebutkan angkanya secara horizontal dari depan maupun belakang.
Sesi kedua, seluruh peserta dilatih membaca cepat dalam waktu 30 detik. Teknik dilakukan dengan meminta peserta untuk menemukan kata yang ditentukan dalam barisan puluhan kata yang tersaji. Kata yang ditemukan kemudian dicoret untuk menandai. Dalam tahap ini, akhirnya seluruh peserta belajar manfaat untuk mengkoordinasi antara mata dan tangan dalam proses membaca, dimana tangan yang menunjuk berfungsi sebagai “penjaga fokus” agar mata melihat apa yang sebenarnya penting untuk dilihat.




Sesi ketiga, peserta diajarkan untuk membuat “Peta Imajinasi” yang kaya warna dan kaya simbol dengan memanfaatkan teks yang telah ditentukan. Pada proses membaca teks, peserta juga diajarkan untuk memberi tanda pada informasi super penting dengan warna merah dan informasi penting dengan warna biru. Setelah selesai membuat peta imajinasi, setiap peserta diminta untuk menyampaikan kepada peserta lain melalui presentasi peta imajinasi. Setiap presentasi dilakukan perekaman video, selain sebagai dokumen pribadi video tersebut juga diserahkan pada narasumber.
Hari Kedua, masuk pada sesi keempat. Narasumber menyampaikan penilaian serta evaluasi dari video dan peta imajinasi yang telah dikumpulkan. Bagi peserta yang masing kurang sempurna dalam membuat, diminta untuk memperbaiki kembali. Selanjutnya setelah peta imajinasi diperbaiki, masing-masing peserta diminta untuk menyampaikan informasi pada orang lain dengan bahasa yang menarik dan komunikatif dalam waktu kurang dari 1 menit ala aplikasi tiktok.
Sesi kelima, peserta diajarkan untuk membuat “Peta Imajinasi” yang kaya warna dan kaya simbol sesuai dengan mata pelajaran yang diampu oleh masing-masing. Pada proses membaca teks, peserta sudah terbiasa untuk memberi tanda pada informasi super penting dengan warna merah dan informasi penting dengan warna biru. Setelah selesai membuat peta imajinasi, dikumpulkan untuk dilakukan penilaian individual.







Penghujung kegiatan diisi dengan penyampaian penghargaan pada peserta teraktif, penyerahan sertifikat dan cinderamata dari MIT Ar Roihan, serta berfoto bersama.