Gembira Bersama, Pekan Pertama Masuk Madrasah Tahun Ajaran 2024/2025.

Sementara siswa baru mengikuti kegiatan Matsama pada Hari Senin (15/7) hingga Hari Rabu (17/7). Hari pertama masuk madrasah untuk jenjang kelas 2-6 dilaksanakan pada hari yang berbeda. Hari pertama madrasah untuk jenjang kelas 2 dilaksanakan pada Hari Selasa (16/7), jenjang kelas 3 pada Hari Rabu (17/7), dan jenjang kelas 4-6 pada Hari Kamis (18/7).

Kegiatan awal masuk madrasah di setiap jenjang diawali dengan apel bersama di halaman madrasah, untuk memperkenalkan wali kelas dan guru mata pelajaran di setiap jenjang, dan berdoa bersama. Selanjutnya, bersama wali kelas, siswa menuju kelas masing-masing.

Berbeda dengan jenjang kelas 1 yang menjalin keakraban antar teman serta guru melalui kegiatan mewarnai dan berlatih calistung, di jenjang kelas 2-6 kegiatan diawali dengan arahan wali kelas tentang budaya madrasah agar suasana kondusif dan nyaman. Diantaranya, larangan melakukan tindakan bullying verbal atau fisik; anjuran untuk membeli makanan di kanting madrasah dan tidak diperkenankan membeli makanan di luar pagar madrasah kecuali saat pulang bersama orang tua/ penjemput; menjaga kebersihan ( buang sampah pada tempatnya, membersihkan toilet yg sdh dipakai, mematikan kran air setelah selese di kamar mandi); mengingat barang pribadi agar tidak tertingg seperti kaos kaki, pensil, buku , topi dll; memberi identitas pada semua buku dan alat tulis agar tidak tertukar.

Setelah mendengar arahan guru, siswa satu per satu diperkenankan maju ke depan untuk saling bertukar cerita dan pengalaman selama liburan berlangsung. Hal ini bertujuan untuk melatih rasa percaya diri, rasa saling menghormati, dan saling menghargai antar teman.

Kegiatan pada selanjutnya adalah diskusi dan dengar pendapat dalam menyusun struktur organisasi kelas, jadwal piket sepulang madrasah, jadwal imam sholat, rencana kegiatan kelas, tata tertib kelas. Kewajiban untuk melaksanakan piket kelas tentunya telah disesuaikan dengan kemampuan siswa. Untuk jenjang kelas 1-3, piket dilaksanakan dengan menyapu, membuang sampah dan merapikan kursi. Sedangkan, untuk jenjang kelas 4-6 ditambah menyiram bunga dan mengepel lantai kelas satu minggu sekali, membersihkan kaca kelas satu minggu sekali, mematikan lampu dan kipas angin saat pulang, menutup pintu, dan lain sebagainya

Demikian kegiatan di awal tahun ajaran baru. Tahun ajaran baru dengan semangat baru. Selamat datang kembali di Madrasah tercinta untuk jenjang kelas 2-6.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *