Gerakan Guru Belajar, Guru MIT Ar Roihan Ikuti Seminar Menghidupkan Suasana Kelas

Guru mengajar namun tetap perlu belajar. Pada kesempatan kali ini dua belas orang wali kelas 1-6, empat orang guru mata pelajaran,dan empat orang guru pendamping khusus mengikuti One Day Seminar: Menghidupkan Suasana Kelas Bahagia dan Ceria. Seminar digelar oleh Creative Malang Comunity (CMC) pada Hari Minggu (28/7) bertempat di Gedung Kesenian Gajayana; Jl. Nusakambangan Klojen-Malang.

Acara dipelopori oleh Andik Ifanto, S.Ag., M.H.; selaku ketua CMC, yang dalam sambutannya menuturkan bahwa CMC merupakan organisasi masyarakat independen yang tidak hanya bergerak pada penyelenggaraan outbond training, tetapi juga bergerak di bidang pendidikan, keagamaan, pelatihan, bimbingan teknis, sosial, ekonomi, kepemudaan dan pariwisata.

Mengundang Aji Syafa; seorang Pencipta Lagu Anak, Founder Syafa Management, Trainer Smart Teaching, dan Trainer Joyful Learn sebagai Narasumber. Acara yang bertajuk One Day Seminar diisi dengan bersholawat bersama melalui lagu Rahmatan Lil Alamin, bernyanyi lagu MPLS, kegiatan teknik pengkondisian kelas, teknik smiling voice, teknik mengecek kehadiran siswa dengan lagu “berjumpa kembali”, dan lain sebagainya. Teknik public speaking menguasai Verbal (penguasaan kalimat) Vocal (intonasi) Visual (bahasa tubuh). Teknis Latihan vocal terbagi kembali menjadi lima sub bagian, antara lain (1) olahraga wajah dan mulut agar tidak belibet bicara (2) pernapasan, ambil nafas empat detik tahan lima detik lalu dihembuskan (3) Humming, suara merdu dg mengucap hemm secara bernanda (4) power suara menggunakan suara perut (5) Artikulasi, pengucapan yang jelas meliputi intonasi, aksentualisasi, ekspresi

Selain itu, turut hadir pula Qurrata ‘Ayun; seorang Praktisi Komisi Perlindungan Wanita dan Anak Kota Banten. Memberikan parenting diantaranya tentang sepuluh hak anak diantaranya bermain, pendidikan, perlindungan, nama, kebangsaan, dan lain sebagainya.

Melalui sesi praktek kegiatan, lima orang guru MIT Ar Roihan dapat mempraktekkan dengan baik sebagaimana yang disampaikan oleh narasumber, hal ini membuat kelima guru tersebur mendapat cindera mata baik dari CMC selaku penyelenggara, maupun dari Sandination kontributor acara. Sebagai informasi Sandination merupakan sebuah organisasi yang digagas oleh Sandiaga Uno dalam rangka membentuk generasi bangsa yang lebih baik.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *