Upacara Hari Pramuka Ke-63 Tahun 2024 di MIT Ar Roihan

Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus, sebagaimana diresmikannya Gerakan Pramuka di Indonesia pertama kalinya pada tanggal 14 Agustus 1961. Untuk memperingati Hari Pramuka ke-63, MIT Ar Roihan Lawang melaksanakan kegiatan upacara, yang bertujuan untuk membentuk anak bangsa yang berbudi pekerti luhur, sebagai cerminan warga Negara Indonesia yang berjiwa Pancasila.

Susunan kegiatan upacara peringatan Hari Pramuka meliputi: (1) Masing-masing kompi menyiapkan pasukannya, (2) Pratama memasuki lapangan upacara, (3) Penghormatan kepada pratama, (4) Laporan kompi kepada pratama, (5) Pembina upacara memasuki tempat upacara, (6) Penghormatan kepada pembina upacara, (7) Laporan pratama kepada pembina upacara, (8) Pengibaran bendera merah putih, (9) Pembacaan pancasila, (10) Pembacaan Dasa Darma Pramuka, (11) Amanat pembina upacara, (12) Menyanyikan lagu “Hymne Pramuka”, (13) Pembacaan doa, (14) Laporan pratama kepada pembina upacara, (15) Penghormatan kepada pembina upacara, (16) Pembina upacara meninggalkan tempat upacara, dan (17) Upacara selesai.

Pada upacara kali ini ada penampilan Semaphore dance, games pramuka untuk siswa jenjang kelas 3-5, kuis pengetahuan ke-pramukaan untuk jenjang kelas 6, serta ucapan Selamat Hari Pramuka dari siswa kelas 6. Teknis pelaksanaan kuis, siswa jenjang kelas 6 berkumpul di masing-msing jenjang dan berbaris sesuai regu (barung). Pertanyaan yang diajukan pada setiap jenjang kelas berbeda dan disesuaikan dengan materi yang telah dipelajari.

Mari kita lanjutkan semangat kepramukaan, nasionalisme, dan cinta tanah air dengan terus melakukan kegiatan positif untuk negeri. Tunas yang bangsa yang terus tumbuh menjadi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *