Undang Pendongeng, MIT Ar Roihan Selenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad 1446 H

Maulid Nabi Muhammad merupakan peringatan yang diadakan setiap tahun oleh MIT Ar Roihan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk penghormatan dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan yang berlangsung dengan tema “Mencintai Nabi Muhammad dengan Melakukan Sunnah-Sunnahnya” diselenggarakan pada Hari Jum’at (27/9) bertempat di halaman Madrasah. Acara ini turut dimeriahkan oleh kehadiran seorang pendongeng asal D.I. Yogyakarta, yang akrab dipanggil dengan nama Kak Amri. Beliau adalah salah satu pendongeng dari komunitas Safari Dongeng Edukasi (@safari_dongeng_edukasi). Selain itu Madrasah juga bekerja sama dengan Yayasan Yatim Mandiri, untuk mengkoordinir donasi yang diperuntukkan untuk anak yatim dan dhuafa di Indonesia. Hasil donasi ini selanjutnya akan diserahkan secara langsung pada Yayasan Yatim Mandiri di hari yang sama sebesar 15.796.000,-.

Sebelum acara dimulai, dilaksanakan pembacaan Maulid Diba’. Acara dibuka oleh Leni Susilowati,S.Pd dan Ustd. Ricky. Pembacaan surah Al-Fatihah terlantun untuk membuka acara; dilanjutkan dengan Sambutan dari Dr. Lailil Qomariyah, M.Pd selaku Kepala Madrasah; Tartil Al Qur’an oleh perwakilan Siswa kelas 3; pembacaan Puisi oleh perwakilan dari kelas 4; penampilan Nasyid Siswa kelas 6.

Jelang pukul 09.30, Kak Amri tampil untuk mendongeng tentang Kisah Nabi Muhammad yang disimak oleh siswa dengan gembira. Kemeriahan masih berlanjut dengan antusias siswa mengikuti kuis berhadiah, yang dipandu oleh pembawa acara, pertanyaan kuis yang diberikan, seputar informasi tentang Nabi Muhammad. Acara ditutup dengan doa oleh Ustd. Abdullah.

Ahmad Fathoni, M.Pd; selaku ketua panitia menuturkan bahwa, salah satu tujuan utama peringatan Maulid Nabi Muhammad adalah untuk mengingatkan umat Muslim tentang kehidupan dan ajaran Nabi Muhammad SAW. Melalui tausiyah, pembacaan ayat Al Qur’an juga Sholawat, umat Muslim diingatkan untuk mengikuti teladan beliau dalam segala aspek kehidupan, baik dalam ibadah maupun dalam pergaulan sehari-hari.

Selain itu, peringatan Maulid Nabi Muhammad juga menjadi momen untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama umat Muslim. Di hari ini, umat Muslim saling berbagi kebahagiaan dan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Mereka saling memberikan ucapan selamat dan doa kepada Nabi Muhammad SAW serta kepada sesama umat Muslim.

Maulid Nabi Muhammad juga momen untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang ajaran Islam. Siswa diberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam tentang kehidupan dan ajaran Nabi Muhammad SAW, serta nilai-nilai Islam yang harus dipegang teguh.Wujudkan Generasi Cinta Nabi, Bersama MIT Ar Roihan.

Written by