Kunjungan Belajar Siswa Kelas 5 ke D’Kopi Sabin

Kunjungan belajar luar sekolah merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan oleh siswa MIT Ar Roihan. Pekan ini, tepatnya pada Hari Kamis (17/9), 148 siswa kelas 5 dan 22 orang guru berkunjung ke Wisata Edukasi D’ Kopi Sabin, yang berlokasi di Kec. Bumiaji Kota Batu.

D’ Kopi Sabin sengaja dipilih sebagai tempat untuk belajar secara nyata tentang ekosisten alam dan cara menjaga kelestariannya. Sebagaimana diketahui bersama, bahwa menjaga keseimbangan ekosistem sebuah keharusan demi terciptanya alam yang sejuk, segar, dan memiliki kadar oksigen yang cukup.

Pemberangkatan dilaksanakan oleh Dr. Lailil Qomariyah, M.Pd; mewakili Kepala Madrasah, tepat pada pukul 07.30. Tepat pukul 08.45 seluruh peserta kunjungan tiba di lokasi. Sembari menunggu pembagian tiket, seluruh siswa kelas 5 berfoto bersama di area D’ Kopi Sabin untuk ice breaking. Pukul 09.00, seluruh peserta telah masuk area untuk selanjutnya mengikuti kegiatan edukasi bertajuk “Menjaga Keseimbangan Ekosistem”

Kegiatan edukasi dilaksanakan di kebun Apel, gedung pengolahan wortel, dan tempat pengolahan sampah badah dan kering. Dalam rangkaian kegiatan, pemandu di masing-masing penjelasan materi perawatan buah tropis; teknik petik buah apel langsung dari pohon dengan benar. Edukasi teknik perawatan sayuran jenis wortel; mulai tahap panen pembersihan, penirisan, pengemasan, penyimpanan. Serta edukasi pengolahan sampah, dan merubah jenis sampah tertentu menjadi barang layak pakai yang bermanfaat. Penyampaian penjelasan dilakukan langsung oleh pemandu dari pihak D’ Kopi Sabin yang telah bersiap di masing-masing tempat edukasi.

Ainun Hakim, S.Pd.; Ketua Panitia menuturkan bahwa, pemilihan D’ Kopi Sabin sebagai lokasi kunjungan belajar bertujuan untuk menghadirkan pengetahuan dan pengalaman nyata terkait manfaat menjaga keseimbangan ekosistem, teknik perawatan tumbuhan, teknik yang bijaksana dan ramah lingkungan terkait pengolahan sampah, dan lain sebagainya. Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan dapat menyadari pentingnya menjaga keseimbangan seluruh komponen alam semesta bagi kehidupan makhluk hidup lainnya, dan selanjutnya diharapkan siswa dapat mengedukasi orang lain tentang hal tersebut, terutama pada keluarga terdekat, dan selanjutnya pada masyarakat.

Selamat atas pengalaman tak terlupakan pada kunjungan belajar kali ini. Sampai jumpa pada kegiatan-kegiatan seru berikutnya.

Written by