MIR, Telaah Gaya Belajar untuk Setiap Siswa Baru MIT Ar Roihan

Multiple Intelligences Research(MIR) adalah sebuah riset atau penelitian untuk mengetahui kecenderungan kecerdasan seorang anak. MIR adalah hasil pengembangan dari Teori Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) yang ditemukan Dr. Howard Gardner, seorang Psikolog modern, pada 1983 di Harvard University. MIR merupakan alat riset untuk mengetahui POTENSI setiap kecerdasan anak kita. Kecerdasan tersebut menurut Gardner berasal dari kebiasaan-kebiasaan.anak, Dengan bantuan alat MIR akan akan dapat diketahui kecerdasan apa yang paling dominan pada diri seorang anak.

Alat MIR ini ditemukan oleh Munif Chatib dan sejumlah guru telah dilatih untuk mengoperasionalkan alat tersebut dengan benar, termasuk guru dari Le Cendekia, sehingga lembaga kami dapat melakukan test MIR tersebut setiap saat. Hasil MIR memberikan manfaat besar bagi sekolah karena memberikan informasi yang berharga tentang kondisi kecerdasan siswa, sehingga guru dapat menerapkan metode mengajar yang tepat dan sesuai dengan gaya belajar siswa.

Saat pelaksanaan MIR di MIT Ar Roihan, siswa baru ditemani oleh kedua orang tua. Siswa diberikan pertanyaan dan diminta diminta melakukan sesuatu oleh interviewer. Pada kesempatan ini, orangtua tidak diperkenankan memberikan intervensi apapun, dengan kata lain siswa dibebaskan menjawab mandiris, namun orang tua tetap diperkenankan memberi semangat pada siswa agar mau menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pertanyaan dan aktifitas yang dilakukan pada proses MIR sangat sesuai usia anak, seperti memilih gambar yg mereka sukai, menyanyi yg mereka sukai, menyebutkan nama benda2 disekitar mereka, dan lain sebagainya. Untuk orang tua, terdapat kesempatan tersendiri untuk berdialog dengan interviewer. Pada kesempatan ini interviewer mengajukan pertanyaan terkait kebiasaan anak dirumah. Pertanyaan lebih menitik beratkan pada hal apa yang disukai anak dan sering dikerjakan anak. Orang tua sangat diharapkan bekerjasama dengan memberikan jawaban yang jujur dan apa adanya agar dapat diperoleh hasil yang valid.

Melalui kegiatan MIR, MIT Ar Roihan meyakini bahwa setiap anak istimewa dan memliki ke-khas-annya masing-masing. Berangkat dari keyakinan tersebut, MIT Ar Roihan meniadakan jenis tes lain untuk siswa baru, hal ini selaras dengan konsep Madrasah Ramah Anak.