Kunjungan Belajar Siswa Kelas 6 ke Kidzania Surabaya

KidZania merupakan wahana berkonsep kota interaktif dan unik, yang sangat sesuai  dengan ukuran anak-anak untuk anak usia 2-16 tahun. Konsep dari dibangunnya kota ini, untuk menghadirkan penggabungkan aktifitas bermain dan belajar melalui ‘role-play’ berbagai macam profesi yang ada dalam kehidupan nyata.

Siswa Kelas 6 yang berjumlah 113 orang, dengan pendampingan 20 guru, tiba di Kidzania Surabaya yang berlokasi di dalam Mall Lagoon Avenue Sungkono (LAVES) sekitar pukul 08.30. Kidzania berdiri dan terfasilitasi dengan puluhan establishments (wahana) yang dapat dimainkan penuh suka cita. Anak-anak berkesempatan memperoleh pengalaman seperti orang dewasa dengan memerankan seorang dokter, petugas pemadam kebakaran, pekerja konstruksi, dan lainnya.

Melalui kunjungan yang berlangsung pada Hari Senin (13/11) siswa dapat terjun langsung untuk mencoba pengalaman pada establishments yang tersedia, diantaranya wahana yang bermitra dengan Mitsubishi Motors, dengan aktifitas utama mengacu tertib berkendara, pemahaman rambu jalan termasuk tes untuk memporeh surat izin mengemudi; belajar teknik rancang bangun melalui wahana yang bermitra dengan Citicon Nusantara Industries; belajar tanggap, cepat, dan cermat melalui kegiatan menjadi tim pemadam kebakaran yang bermitra dengan ACA Asuransi Kebakaran; belajar memproduksi kopi baik secara manual maupun otomatis dengan mesin, wahana ini bermitra dengan Kapal Api; belajar mengolah dan memilah produk kuliner hingga menjadi makanan sehat dan lezat melalui wahana yang bermitra dengan Fiber Crème; praktek pembuatan teh yang bermitra dengan Teh Pucuk Harum, dengan kegiatan yang dimulai dari pemilihan bahan baku, produksi, dan hasil siap distribusi konsumen; praktek pembuatan mi instan yang bermitra dengan Indomie, dengan kegiatan yang dimulai dari penyiapan bahan baku, produksi, dan hasil siap distribusi konsumen; praktek pembuatan kerupuk yang bermitra dengan Finna, dengan kegiatan yang dimulai dari penyiapan bahan baku, produksi, dan hasil siap distribusi konsumen; dan masih banyak mitra-mitra lainnya.

Evi Elvianti, S.Pd; selaku ketua panitia kunjungan belajar siswa kelas 6 menuturkan bahwa, KidZania sengaja dipilih untuk menjawab rasa penasaran siswa terhadap kegiatan ke-profesian. Harapannya melalui kegiatan ini siswa dapat mengetahui minat dan bakat yang mereka miliki.

Wahana belajar yang berbasis pada unjuk bakat juga dicoba oleh siswa Kelas 6, diantaranya menjadi artis dari Teater Metropolitan, menampilkan suguhan bermain peran dalam drama spektakuler yang berdurasi selama 20 menit; belajar menjadi penyiar radio, wahana ini bermitra dengan Radio Gen 103.1 Fm; belajar menjadi arekeolog dengan kegiatan ekskavasi melalui wahana yang bermitra dengan Combantrin; belajar menjadi peneliti, melalui kegiatan uji kelayakan air minum yang bermitra dengan Aqua; dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, bagi siswa yang ingin mendapat pengalaman dari lembaga dinas, juga dapat memperoleh kesempatan belajar tentunya melalui lembaga dinas khas Kidzania Surabaya, diantaranya melalui wahana kantor imigrasi; kantor ketenagakerjaan; institut ketahanan gempa; kantor polisi dan investigasi; satuan pertolongan pertama (SAR); dan lain-lain.

Kegiatan yang luar biasa seru dan menyenangkan ini berakhir pada pukul 17.00, dan kemudian langsung dilanjutkan perjalanan pulang ke Malang, dengan berhenti sejenak di rest area tol Pandaan-Malang untuk melaksanakan Sholat Maghrib Berjamaah dan makan malam.

Melalui kunjungan belajar ke Kidzania Surabaya, siswa semakin mampu mengembangkan potensi yang mereka miliki, sembari mengasah potensi-potensi baru yang mungkin baru muncul melalui aktifitas-aktifitas pada kunjungan belajar ini.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *