Gemar Belajar, Guru MIT Ar Roihan Ikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Gerakan Guru Belajar adalah salah satu program pengembangan kompetensi guru yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MIT Ar Roihan melalui pengembangan profesional guru. Program ini memberikan kesempatan bagi para guru untuk terus belajar dan memperbarui pengetahuan serta keterampilan mereka. Dengan demikian, diharapkan guru menjadi lebih siap dalam menghadapi tantangan pendidikan modern. Pada kesempatan kali ini, empat belas guru MIT Ar Roihan mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru MI yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama Kab. Malang pada Hari Senin-Selasa (1-2/7) bertempat di Hotel Grand Miami Kepanjen. 

Kegiatan ini terbagi dalam tiga sesi meliputi (1) Total Quality Management (2) Pelatihan penghitungan kalender akademik  (3) Pelatihan Ice Breaking. Sesi pertama tentang Total Quality Management diantaranya membahas tentang langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru agar dirinya benar-benar profesional sesuai dengan latar belakang pendidikan. Peningkatan kompetensi didukung dengan kemampuan guru untuk belajar dari pengalaman serta keinginan untuk selalu belajar sesuai perkembangan zaman. 

Sesi kedua, peserta dilatih untuk menelaah kalender pendidikan, dengan harapan kedepannya guru dapat menyusun kalender pendidikan yang telah disesuaikan dengan keragaman kegiatan di madrasah masing-masing, sehingga nantinya dapat dipastikan bahwa setiap madrasah memiliki kalender pendidikan yang berbeda-beda, sesuai dengan kegiatan tahunan madrasah.

Sesi Ketiga yang berlangsung pada Hari Selasa (2/7), peserta mendapat pelatihan Ice Breaking. Ice Breaking adalah jeda antar pembelajaran yang diisi dengan permainan ringan dan bernyanyi bersama dengan arahan guru. Tujuan dari kegiatan Ice Breaking adalah menyegarkan kembali semangat anak-anak dalam belajar, sehingga informasi pada pembelajaran berikutnya dapat diterima dan dipahami dengan lebih baik. 

Semangat belajar selalu untuk guru MIT Ar Roihan. 

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *