Kurikulum Merdeka merupakan salah satu inovasi pendidikan yang sedang digalakkan di Indonesia. Konsep ini bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam menentukan jalannya belajar, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar mereka. Salah satu aksi yang dilakukan dalam rangka mendukung implementasi Kurikulum Merdeka adalah P5 Kurikulum Merdeka.
P5 Kurikulum Merdeka merupakan singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang juga berfungsi sebagai langkah pemberdayaan, penguatan, pemantapan, dan peningkatan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Aksi ini dilakukan oleh para guru dan tenaga pendidik untuk memberikan pendampingan dan bimbingan kepada siswa dalam mengembangkan potensi dan minat mereka. Pekan ini, tepatnya pada Hari Rabu (25/10) siswa kelas 1 melaksanakan aksi P5 yang bertajuk “Asyiknya Minum Susu”. Aksi P5 ini merupakan puncak dari projek, yang nantinya akan ditutup dengan refleksi, tindak lanjut, dan pelaporan dalam bentuk assesment.
Tahap pertama adalah pemberdayaan, dilakukan dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk eksplorasi diri pada mata pelajaran yang ingin mereka pelajari, sesuai dengan minat dan bakat mereka. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, karena mereka dapat mempelajari hal-hal yang benar-benar mereka sukai. Pada tahap ini siswa tengah berada pada fase pengenalan, dengan kegiatan eksplorasi pola makan makanan sehat di lingkungan sekitar, dilanjutkan dengan pengenalan manfaat nutrisi yang terkandung pada hewan ternak, terutama susu.
Kedua, Penguatan dilakukan dengan memberikan pendampingan kepada siswa dalam mengembangkan kemampuan mereka, melalui fase kontekstualisasi dengan melakukan kunjungan belajar luar madrasah ke BBIB Singosari Malang, kunjungan ke peternakan sapi ini untuk menyajikan pengalaman belajar secara langsung terkait manfaat sapi; memberi makan sapi; dan membuat minuman olahan berbahan dasar susu.
Selanjutnya, Pemantapan, melalui fase pra aksi dan aksi, dilakukan dengan mengadakan berbagai kegiatan dan program yang mendukung pengalaman belajar siswa. Pada fase pra aksi siswa diberikan paparan garis besar kegiatan aksi, sehingga dalam pelaksanaan aksi siswa dapat lebih siap dan matang dalam berkegiatan. Aksi dalam rangkaian ini memiliki garis besar kegiatan berjudul “Kampanye Susu”, tercermin dalam aktifitas senan bersama sebagai salah satu pendukung gaya hidup sehat; mewarnai poster yang berisi ajakan untuk mengkonsumsi susu murni; dan mengampanyekan gerakan minum susu murni, tanpa tambahan gula dan perasa.
Terakhir, Peningkatan dilakukan dengan memberikan refleksi dan tindak lanjut. Melalui serangkaian kegiatan, siswa mampu merefleksikan dampak perubahan perilaku setelah membiasakan minum susu secara teratur. Refleksi dilakukan secara bersama-sama di kelas masing-masing. Tindak lanjut dari kegiatan P5 ini terwujud dalam komitmen perubahan kebiasaan minum susu. Siswa secara mandiri kembali mencatat kebiasaan minum susu dan membandingkannya dengan hasil yang pernah dicatat sebelum melaksanakan kampanye. Guru selanjutnya menyiapkan umpan balik untuk memotivasi siswa, sekaligus menyiapkan asesment sebagai pengukur sejauh mana perkembangan mereka. Umpan balik bersifat konstruktif , sehingga siswa dapat terus memperbaiki diri dan meningkatkan kemampuan belajar yang mereka miliki.
P5 Kurikulum Merdeka merupakan aksi yang sangat penting dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan adanya P5 Kurikulum Merdeka, diharapkan siswa dapat lebih aktif dan bersemangat dalam belajar, serta dapat mengembangkan potensi dan minat mereka dengan lebih baik. Oleh karena itu, para guru dan tenaga pendidik perlu terus melakukan aksi P5 Kurikulum Merdeka ini, sehingga tujuan dari Kurikulum Merdeka dapat tercapai dengan baik.
thanks a lot of information keren