GURU AR-ROIHAN TERBITKAN BUKU ANTOLOGI CERPEN

WhatsApp Image 2020-05-08 at 19.44.32

Ada perasaan haru pada sepuluh orang guru Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ar-Roihan Lawang saat karya antologi mereka terbit di saat semua orang work from house akibat pandemi covid 19. Sebab karya mereka yang telah dinanti jauh hari ternyata bisa terbit di masa-masa sulit seperti ini. Pada Sabtu (9/5) buku antologi cerpen berjudul Penantian di Ujung Senja secara resmi terbit dan dipromosikan oleh MIT Ar-Roihan Lawang.

Kisah-kisah yang ditulis penuh haru dan inspiratif ini awalnya dilatari dengan grup WA komunitas Nulis Cerito yang bertujuan untuk mengasah kemampuan guru-guru MIT Ar-Roihan dalam menulis kreatif. Grup yang berdiri sekitar enam buan lalu itu kemudian bertekad untuk membuat sebuah karya kumpulan cerpen yang akan dijadikan sebuah buku. Meski melalui jalan yang berliku dan mendaki, akhirnya buku antologi perdana karya guru pun dapat dipersembahkan untuk khalayak ramai.

Kesepuluh guru dengan masing-masing judul cerpennya antara lain: Redite Kurniawan (Cacak), Lu’luil Mahfudlo (Dawai Rindu), Isya Mulia Insani (High Value Woman), Rizky Sulistyawati (Kulepas Kau dengan Bismillah), Erni Dyah Wahyuni (Ledek Jamus), Miftachul Chotimah (Penantian di Ujung Senja), Evi Elvianti (Repihan surgaku), Fatkhur Roziqin (Sayap yang Terluka), Alda Sabrina Amalia (Sebuah Rasa), dan Risky Pradanantyas (Takdir Cinta).

Spesifikasi produk pada buku ini, Jenis: fiksi (antologi cerpen). Judul: Penantian di Ujung Senja. Penerbit: Jendela Sastra Indonesia Press. Tahun: 2020. Halaman: 238 hlm. Cover: Soft cover. ISBN: 978-623-7795-77-3. Cetakan: 1.

Dalam kata pengantar, Redite Kurniawan yang mewakili penulis menyampaikan bahwa kumpulan kisah Penantian di Ujung Senja ini didedikasikan sebagai aktivitas literasi guru melalui sebuah karya sastra. Penantian di Ujung Senja bukan semata perwujudan sebagai aktivitas literasi bagi guru-guru yang di dalamnya terselip banyak kenangan, kerinduan, dan keharuan yang membuncah. Kumpulan kisah ini akan mengoyak berbagai imajinasi yang dilukis di tiap kata dan kalimatnya. Kumpulan kisah ini juga akan melumpuhkan persepsi bahwa guru-guru hanya bisa berwacana secara formal tentang teks-teks pelajaran saja. Namun dalam buku ini guratan-guratan kisah dengan berbagai konfliknya yang memukau dapat dijelajah.

Bagi yang berminat untuk menjelajah kisah-kisah di antologi Penantian di Ujung Senja silakan menghubungi Chica (HP 081233963059).

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *