MIT AR-ROIHAN SIAP MELAKUKAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMIK COVID 19

Pandemi covid 19 yang melanda seluruh dunia harus disikapi secara bijak dalam dunia pendidikan. Imbasnya, setidaknya menurut UNESCO sebesar 91% populasi siswa dunia telah mengalami masa belajar di rumah dan bukan lagi pergi ke tempat sekolah. Tentu sekolah dan guru semestinya memberi peran penting untuk memberi kepastian tentang pembelajaran yang seharusnya mereka dapatkan serta melibatkan siswa untuk terus belajar meskipun secara normal kegiatan sekolah ada gangguan dengan pandemi ini.

MIT Ar-Roihan Lawang sebagai madrasah ibtidaiyah dengan jumlah siswa terbanyak di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, selama masa pandemi telah melakukan hal-hal yang diselaraskan dengan keadaan darurat ini. Work from House (Bekerja/belajar di rumah) menjadi pilihan ketika masa awal pandemi diumumkan dan pada masa pemberlakuan PSBB di Malang Raya. Selama itu guru-guru telah melaksanakan pembelajaran online dengan aplikasi google classroom, survey, google form, zoom, voice note, dan sebagainya. Serta melakukan evaluasi berbasis daring menggunakan aplikasi tersebut. Bahkan selama pandemi, guru-guru juga aktif mengikuti seminar dan pelatihan melalui webinar daring dengan subyek yang beragam untuk meningkatkan kapasitas keilmuan.

Pada masa new normal yang diwacanakan pemerintah, MIT Ar-Roihan telah merancang pembelajaran yang akan tetap dapat dilaksanakan oleh siswa. MIT Ar-Roihan menjamin keamanan, kesehatan, dan keselamatan dengan protokol kesehatan ketat yang dilaksanakan. Melakukan pembersihan menyeluruh pada sarana sekolah, menyediakan tampat mencuci tangan disertai dengan sabun dan hand sanitizer, menyiapkan dan mengatur kursi dan bangku sesuai dengan keadaan darurat, dan memastikan semua orang dan anak yang masuk dalam keadaan sehat.

Kurikulum yang digunakan akan disesuaikan dengan kondisi pandemi, baik pada saat tatap muka maupun daring. Pada setiap harinya siswa hanya akan fokus pada materi esensial dari 1 atau 2 mapel pasangan dari mata pelajaran utama, pengembangan diri, ataupun Peminatan. Sementara aktivitas pembelajaran MIT Ar-Roihan  pada masa pandemi covid berpedemoman pada Kalender Pendidikan berjalan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama, yaitu Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2019/ 2020 yang akan berakhir pada 20 Juni 2020 serta Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/ 2021 yang akan dimulai tanggal 13 Juli 2020.

Kepala MIT Ar-Roihan Lawang, dewan guru, serta karyawan di YLPI Ar-Roihan mempunyai berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan terbaik pada pembelajaran siswa madrasah di masa Pandemi covid-19 ini, baik pada pemberlakuan Masa PSBB maupun saat pelaksanaan new normal di madrasah. Sehingga tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebihan pada masyarakat terhadap kelanjutan pendidikan putra-putrinya di MIT Ar-Roihan.

 

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *