CARA UNIK MIT AR-ROIHAN DALAM MATSAMA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ar-Roihan digelar secara daring mulai Senin (13/7) hingga Rabu (15/7). Acara yang mengawali tahun ajaran baru ini dilaksanakan berbeda tahun ini karena masih merebaknya covid19. Tidak seperti MOS biasanya di MIT Ar-Roihan yang melakukan pengenalan lingkungan madrasah dengan acara-acara berkumpul bagi siswa yang dalam masa peralihan dari TK/RA ke SD/MI, kini MATSAMA diselenggarakan via gadget.
Pada hari pertama, Lailil Qomariyah, kepala MIT Ar-Roihan melakukan pembukaan masa ta’aruf dengan mengirim video, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan guru-guru dengan siswa yang juga menggunakan video.
Semua video tersebut kemudian dishare ke grup WA paguyuban kelas 1.Selanjutnya masing-masing anak juga memperkenalkan diri. Uniknya, walau memakai aplikasi gadget, siswa baru MIT Ar-Roihan tetap menggunakan seragam merah putih khas Ar-Roihan di rumahnya saat perkenalan. Selain perkenalan dengan guru, MATSAMA online hari 1 diisi juga dengan pemberitahuan tata tertib dan kebiasaan-kebiasaan siswa di MIT Ar-Roihan.
Pada hari kedua, MATSAMA dijadwalkan dengan pengenalan doa-doa yang biasanya dibaca sehari-hari di lingkungan MIT Ar-Roihan, seperti doa mau belajar dan akan pulang sekolah. Selain itu juga dikenalkan dengan bacaan asmaul husna 1-10 memakai lagu dan gerakan, serta mengenalkan huruf hijaiyah (mengaji tilawati secara klasikal) oleh guru tahfidz. Dan semuanya itu masih menggunakan online.
Pada hari ketiga dijadwalkan dengan perkenalan baca tulis dan berhitung, sedangkan pada hari keempat akan ada senam dan mewarnai. Selama empat hari itu anak-anak MATSAMA menggunakan seragam yang ditentukan oleh madrasah. Hal ini tentu secara psikologis akan membuat anak-anak yang mengikuti daring merasa benar-benar bersekolah dan diterima sebagai bagian keluarga besar MIT Ar-Roihan.
Jadwal MATSAMA ini dilaksanakan mulai pukul 07.30-09.30 WIB. Sementara bagi orang tua yang bekerja keduanya pada pagi hari, ada kelonggaran dari madrasah untuk mengikutkan anak-anaknya melaksanakan MATSAMA pada sore hari.
Pembelajaran daring memang bersifat fleksibel dan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.
Sebagai informasi, MIT Ar-Roihan pada tahun ajaran baru 2020/2021 ini menerima 150 siswa baru, 17 diantaranya adalah anak dengan kebutuhan khusus. Sehingga pada tahun ajaran baru ini kelas 1 dibagi menjadi 6 paralel kelas.

 

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *