MIT Ar Roihan, Sambut Hangat Kunjungan Studi Tiru MAN 2 Sleman Yogyakarta

Mengawali awal semester genap Tahun 2024, MIT Ar Roihan terbuka kembali untuk menerima kunjungan dan silaturrahim dengan sekolah dan madrasah di Indonesia. Kali ini, 48 dewan guru dan kepala madrasah dari MAN 2 Sleman Yogyakarta berkunjung ke MIT Ar Roihan Lawang, pada Hari Jum’at (5/1). Silaturrahim bertajuk kunjungan studi tiru ini bertujuan untuk menyambung tali persaudaraan; mengenal manajemen pengelolaan pembelajaran dan kurikulum Inklusi; mengetahui sistem pembelajaran ABK di bidang materi umum, maupun Tahfidz; dan mengadaptasi serta menerapkan informasi yang telah diperoleh sebagai gambaran secara langsung untuk praktek lebih dalam tentang tata kelola madrasah inklusif.

Pukul 08.30 rombongan disambut oleh Miftachul Chotimah,M.Pd; selaku Waka Kurikulum yang mewakili Kepala Madrasah. Pukul 09.00 beralih kegiatan observasi kunjungan kelas yang bertujuan untuk menunjukkan fakta lapangan terkait kegiatan pembelajaran di kelas, metode mengajar guru untuk siswa ABK. Kegiatan observasi kelas ini didampingi juga oleh Miftachul Chotimah, M.Pd; selaku Waka Kurikulum, dan Ana Akhirul. S.Psi; selaku Koordinator Inklusi, serba beberapa staf Kesiswaan dan inklusi.

Salah seorang dewan guru dari MAN 2 Sleman mengungkapkan rasa kagum, terutama saat berkunjung ke Kelas 3 Anatolia, saat melihat siswa dengan hambatan CP mengajak siswa reguler untuk berinteraksi. Selain itu, tim guru MAN 2 Sleman juga berkesempatan untuk berkunjung ke Ruang Sumber dan Kelas Akselerasi Tahfidz.

Pukul 10.00, acara dipusatkan di ruang pertemuan untuk tanya jawab. Beberapa pertanyaan saat tanya jawab diantara tentang rekrutmen guru, gaji, proses pembelajaran siswa ABK, dan lain sebagainya.

Edi Triyanto, S.Ag.,M.Pd.; selaku Kepala MAN 2 Sleman Yogyakarta menuturkan ungkapan syukur dan terima kasih, atas berkenannya MIT Ar Roihan menerima kunjungan dari MAN 2 Sleman, dengan rasa kekeluargan yang demikian hangat. Selain itu, layanan pendidikan Inklusi di MIT Ar Raihan Lawang, sungguh luar biasa. Beliau juga mengucapkan doa semoga MIT Ar Roihan senantiasa sukses selalu.

Setelah tanya jawab selesai, acara dilanjutkan dengan ramah tamah, bapak dewan guru melaksanakan Sholat Jumat di masjid terdekat dengan madrasah.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *