Parenting Wali Siswa Kelas 1 di MIT Ar Roihan Lawang

Pepatah mengakatakan tidak ada kata terlambat untuk belajar, sehingga sebaiknya dilakukan sepanjang hayat, bahkan saat kita telah menjadi orang tua yang tentunya memiliki kewajiban penuh untuk mendidik dan membimbing generasi penerus bangsa.

Orang tua, merupakan contoh dan teladan yang paling penting bagi anak-anak. Mereka akan meniru perilaku dan sikap orang tua dalam kehidupan sehari-hari. Berangkat dari paparan di atas, MIT Ar Roihan menyelenggarakan kegiatan parenting secara rutin dan terjadwal, sesuai dengan jenjang kelas.

Mengundang Dr. Amelia Aziz Daeng Matadjo, M.Psi.; seorang Psikolog, sebagai narasumber. Bertempat di musholla madrasah, MIT Ar Roihan menyelenggarakan kegiatan Parenting untuk Wali Siswa Kelas 1, pada Hari Sabtu (13/1).

Parenting yang bertajuk “Mengenal Karakter Anak pada Lingkungan Baru” juga diikuti oleh Wali kelas, guru mata pelajaran, dan guru pendamping khusus. Hal ini dilakukan agar, untuk menyamakan persepsi serta langkah yang paling tepat agar anak dapat bertumbuh dan berkembang sebagaimana yang diharapkan.

Diantara paparan materi yang disampaikan oleh narasumber meliputi cara berkomunikasi antara orang tua dan anak, cara menyelesaikan masalah, keterampilan mengelola emosi, dan pembiasaan untuk selalu menghargai orang lain. Orang tua diposisikan sebagai contoh yang mencerminkan sikap-sikap tersebut. Dengan ini, perlahan anak akan mampu mengembangkan nilai-nilai yang positif untuk membangun hubungan yang sehat dengan orang lain di lingkungan sekitar.

Sayang bukan berarti memanjakan, kiranya kalimat ini sesuai untuk menjadi kesimpulan dari paparan materi dari narasumber yang menitik beratkan bahwa tidak semua kemauan anak harus diwujudkan. Sebagai orang tua, penting untuk memberikan batasan dan aturan yang konsisten kepada anak-anak kita. Aturan yang jelas dan konsisten membantu anak-anak memahami harapan dan batasan yang ada dalam keluarga. Dengan memberikan batasan yang konsisten dan menjelaskan alasan di baliknya, selanjutnya secara perlahan anak akan mampu memahami nilai-nilai yang penting dan mengembangkan tanggung jawab diri.

Secara keseluruhan, kegiatan parenting melibatkan berbagai aspek yang penting dalam membentuk perkembangan anak. Dengan menghabiskan waktu bersama, mendengarkan dengan empati, memberikan batasan yang konsisten, membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial dan emosional, serta menjadi contoh yang baik, orang tua dapat membangun hubungan yang kuat dan positif dengan anak.

Setiap anak adalah unik, dan metode yang efektif untuk satu anak mungkin tidak berlaku untuk anak lain. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk terus belajar dan beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian masing-masing anak. Orang tua yang selalu belajar untuk menjadi lebih baik akan mampu mengantarkan anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *