Gebyar Prestasi Siswa, Milad Ar Roihan Ke-16

Waktu bergerak maju demikian cepat, tanpa terasa 16 tahun sudah Ar Roihan berkiprah di dunia pendidikan. Bergerak perlahan namun pasti terus berupaya menyiapkan putra-putri bangsa menjadi generasi Indonesia Global Qur’ani. Sebagai ungkapan kegembiraan dan rasa syukur Ar Roihan, khususnya MIT Ar Roihan menggelar serangkaian lomba antar siswa pada setiap jenjang kelas. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi minat dan bakat siswa, sekaligus melatih kemandirian; kepercayaan diri; dan sikap optimis dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan yang berlangsung selama sepekan ini ditutup dengan pembagian hadiah untuk para juara pada Hari Jum’at (19/1) serta khataman Al Qur’an; pengajian; yang dilanjutkan dengan tasyakuran. Pengajian terlaksana dengan bimbingan Habib Muhammad pada Hari Sabtu (20/1).

Beragam mata lomba diikuti oleh 780 siswa MIT Ar Roihan. Lomba pada Hari Senin (15/1) meliputi Kelas 1, Lomba Hafalan Asmaul Husna grup 4 peserta; Lomba Cerdas Cermat setiap grup 3 peserta
Lomba Lari individu; Lomba Menyusun Lego; dan Lomba Mewarna. Kelas 2, Lomba Hafalan Surat Pendek (An Naas – At Takatsur) individu; Lomba Cerdas cermat setiap grup 3 peserta; Lomba Estafet setiap grup 3 peserta; Lomba Menyusun Puzzle setiap grup 2 peserta; dan Lomba Melanjutkan gambar individu.

Hari kedua kegiatan, tepatnya pada Hari Selasa (16/1) kegiatan lomba untuk jenjang Kelas 3 dan 4. Untuk mata lomba pada jenjang kelas 3 meliputi, Lomba Hafalan Surat (Al Qoriah-Al Lail) individu; Lomba Cerdas Cermat setiap grup 3 peserta; Lomba Lompat Tali setiap grup 4 peserta; Lomba Dai Cilik individu; dan Lomba menggambar individu. Kelas 4, meliputi Lomba hafalan juz 30 individu; Lomba Ranking 1 individu; Lomba bulu tangkis individu; Lomba menulis Cerpen individu, dan Lomba membuat pantun individu.

Tentunya pada Hari Rabu (17/1) siswa berkebutuhan khusus juga mengikuti lomba yang telah disesuaikan dengan kemampuan dan keterampilan siswa. Kelompok jenjang kelas bawah (1,2, dan 3), dan kelas atas (4,5, dan 6). Lomba ABK Jenjang Kls 1-3 adalah, Lomba Mewarnai individu; Lomba Memasukkan Bola individu; Lomba Hafalan Asmaul Husna individu; Lomba Menyusun Balok individu; Lomba Tebak Benda dan Kata individu. Untuk jenjang kelas atas 4,5, dan 6 yaitu Lomba Menggambar individu; Lomba Hafalan Surat Pendek individu; Lomba Melengkapi Kalimat individu; Lomba Lari Rintang individu; dan Lomba Menyusun Puzzle individu.

Rangkaian kegiatan Lomba, pada hari keempat yang bertepatan pada Hari Rabu (18/1) diperuntukkan untuk jenjang kelas 5 dan 6. Lomba kelas 5, terdiri dari Lomba tartil individu; Lomba ranking 1 individu; Lomba catur individu; Lomba membuat Flyer individu; dan Lomba menyanyi religi/ daerah setiap grup 2 peserta. Untuk Lomba kelas 6 tediri dari Lomba menulis khot individu; Lomba ranking 1 individu; Lomba Futsal setiap grup 4 peserta; Lomba memasak setiap grup 2 peserta; dan Lomba membaca Puisi individu

Rangkaian kegiatan lomba diakhiri dengan pembagian piala pada para juara pada Hari Jum’at (19/1) pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.20. Pembagian piala yang dimulai setelah Sholat Dhuha berjamaah ini, juga dimeriahkan oleh penampilan dari Juara 1 Lomba Menyayi dan Puisi, disela pengumuman juara-juara lomba. Ainun Hakim, S.Pd.; selaku Ketua Panitia Milad Ar Roihan Ke-16 menuturkan bahwa beragamnya mata lomba yang diselenggarakan bertujuan untuk memfasilitasi bakat dan minat siswa yang beragam, selain itu Milad Ke-16 sengaja diselenggarakan tanpa melibatkan peserta dari luar karena keinginan lembaga untuk lebih fokus pada perkembangan keterampilan dan bakat siswa. Selain acara gebyar prestasi tersebut, MIT Ar Roihan juga menggelar bakti sosial dengan membagikan 50 paket sembako pada pengemufi angkutan umum yang melintas di depan Madrasah.

Pengajian dan Khataman yang dibimbing oleh Habib Muhammad, menjadi penutup rangkaian kegiatan Milad Ar Roihan Ke-16. Acara ini diikuti oleh seluruh guru, staf, dan karyawan YLPI Ar Roihan, mulai dari MIT; Master; Madin; dan Homeschooling.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *