Bazar Kreatifitas, Projek Tematik Kelas 6

Bazar kreatifitas dalam berwirausaha siswa adalah acara yang diadakan oleh Walikelas 6 dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengembangkan keterampilan wirausaha mereka. Bazar ini diadakan pada Hari Rabu (24/1) dan Kamis (25/1) di halaman madrasah, pada jam istirahat antara pukul 09.15 sampai 10.30.

Kegiatan wirausaha siswa ini digelar karena memiliki banyak manfaat. Diantaranya memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar tentang dunia bisnis. Mereka dapat belajar tentang bagaimana memulai dan menjalankan usaha, mengelola keuangan, dan berinteraksi dengan pelanggan. Ini adalah pengalaman yang berharga yang tidak dapat mereka dapatkan di dalam kelas.

Digelar selama dua hari, kegiatan ini diikuti oleh tiga kelas setiap harinya. Pada Hari Rabu untuk kelas Tarim; Gaza; dan Ghuangzhou, sedangkan pada Hari Kamis untuk kelas Hebron; Al Quds; dan Casablanca. Beragam sajian sehat buatan rumah tersedia, baik makanan maupun minuman. Penetapan peraturan untuk menjual sajian buatan rumah dimaksudkan untuk mengajarkan siswa bahwa menjamin kehigienisan bahan baku sajian adalah poin yang sangat penting dalam bisnis kuliner.

Antik Pratiwi, S.Pd.; selaku ketua panitia Bazar Kreatifitas menuturkan bahwa kegiatan ini dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial mereka. Para siswa harus berinteraksi dengan pelanggan, menjual produk mereka, dan berkomunikasi dengan baik. Mereka juga belajar tentang kerjasama tim, karena bazar ini diadakan oleh kelompok siswa yang bekerja sama untuk menghasilkan produk atau layanan yang mereka tawarkan. Siswa juga belajar promosi produk dengan membuat flyer memanfaatkan aplikasi digital, selanjutnya, satu hari sebelum kegiatan berlangsung flyer tersebut ditempel pada dinding lingkungan madrasah untuk menarik minat pembeli

Bazar wirausaha siswa juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas mereka. Mereka dapat membuat produk-produk unik dan menarik untuk dijual di bazar. Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka dalam bidang seni, kerajinan, atau desain. Dalam prosesnya, mereka dapat belajar tentang inovasi dan bagaimana menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang sudah ada.

Tidak hanya itu, bazar wirausaha siswa juga dapat menjadi sumber penghasilan bagi para siswa. Dengan menjual produk atau layanan mereka, mereka dapat menghasilkan uang yang dapat mereka gunakan untuk keperluan pribadi atau menyimpannya untuk masa depan. Pengalaman ini mengajarkan mereka tentang pentingnya bekerja keras dan mengelola keuangan mereka sendiri. Siswa berani menawarkan dagangannya, bisa berfikir cepat ketika mengembalikan selisih uang, dan bisa kerjasama dengan teman. Pengalaman siswa menghitung hasil jualan, memilah modal dan keuntungan, semoga bisa menumbuhkan jiwa entrepreneurship pada anak2, dan mereka juga bisa merasakan beratnya perjuangan mengumpulkan rupiah demi rupiah orang tuanya.

Selamat dan sukses untuk projek Tematik Kelas 6. Semoga bisa menumbuhkan jiwa entrepreneurship, dan mereka juga bisa merasakan beratnya perjuangan orangtua mengumpulkan rupiah demi rupiah. Pengalaman yang didapat, tidak hanya memberikan manfaat saat ini, tetapi juga dapat membantu dalam mencapai kesuksesan di masa depan.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *