Safari Ramadan 1445 H Siswa Kelas 6 MIT Ar Roihan Lawang

Jelang pertengahan Ramadan 1445 H, MIT Ar Roihan melaksanakan Pesantren Ramadan yang dimulai pada Hari Kamis (28/3) sampai dengan Hari Kamis (4/4), kegiatan sepekan ini diperuntukkan bagi siswa jenjang kelas 1 sampai kelas 6. Sebagai bentuk jaminan akan kelancaran siswa berpuasa, kegiatan dalam Pesantren Ramadan ini telah disesuaikan dengan usia dan kemampuan aktifitas siswa saat berpuasa.

Pelaksanaan Pesantren Ramadan diantaranya bertujuan untuk menerapkan dan mengamalkan ajaran Islam yang telah dipelajari di kelas pada kehidupan sehari-hari, selanjutnya diharapkan dapat terbentuk mental spiritual yang tangguh, kokoh, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan negatif, baik yang datang dari dirinya pribadi maupun dari luar dirinya.

Pembuka kegiatan Pesantren Ramadan 1445 H adalah kegiatan Safari Ramadan siswa kelas 6 ke Masjid Cheng Ho Pandaan, Masjid Pesantren Ampel Denta, Ziarah Makam Sunan Ampel, dan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Sebanyak 110 siswa dengan pendampingan 27 orang guru, berangkat dari madrasah pada Hari Kamis (28/3) tepat pada pukul 07.30 menuju destinasi pertama, Masjid Cheng Ho Pasuruan. Di masjid yang memiliki gaya arsitektur khas Negeri Tirai Bambu dengan dominasi warna merah dan emas, rombongan melaksanakan Salat Dhuha berjamaah yang dilanjutkan dengan mendengarkan selintas sejarah berdirinya masjid tersebut.

Rombongan melanjutkan perjalanan, dan tiba di Ampel Denta Surabaya pada pukul 10.45 untuk berziarah ke makam Sunan Ampel, kemudian dilanjutkan dengan Salat Dhuhur berjamaah di Masjid Pesantren Ampel. Setelah melaksanakan salat, dengan pengawasan dan pendampingan guru, siswa diperkenankan untuk berkunjung ke pusat belanja oleh-oleh Ampel yang tidak jauh dari kawasan masjid.

Perjalanan kembali dilanjutkan, dan tepat pukul 14.15 rombongan tiba di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Siswa diperkanankan untuk bersih diri terlebih dahulu untuk bersiap mengikuti Salat Ashar berjamaah di masjid tersebut. Selepas salat berjamaah, seluruh siswa dan guru yang terbagi dalam beberapa kelompok melaksanakan tadarus Al Qur’an hingga pukul 16.30. Usai tadarus Al Qur’an, berlanjut pada kegiatan bebas, siswa dengan pengawasan guru dipersilahkan untuk membeli sajian berbuka puasa tak jauh dari kawasan masjid atau mengikuti kajian Al Qur’an dan hikmah Ramadan di dalam masjid, yang kebetulan pada tahun ini digelar kembali untuk umum.

Setelah Salat Maghrib berjamaah dan berbuka puasa, rombongan membersihkan area yang digunakan untuk Tadarus Al Qur’an dan berbuka puasa, hal ini bertujuan untuk mengembalikan kebersihan masjid seperti sediakala. Dalam perjalanan pulang, pukul 20.30 rombongan berhenti di Masjid Ar Rahman Rest Area Purwodadi untuk melaksanakan Salat Isya berjamaah. Tepat pada pukul 21.10 rombongan telah tiba kembali di madrasah.

Fatkur Roziqin, S.Pd.; selaku penanggung jawab Safari Ramadan 1445 H menuturkan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan untuk menghadirkan pengalaman iktikaf dan beribadah di beberapa masjid di Jawa Timur, sekaligus memberikan wawasan pada siswa bahwa banyak sekali kegiatan ibadah yang dapat dilakukan di bulan Ramadan.

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1445 H untuk umat Islam di seluruh penjuru dunia. Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan kita semua kesehatan sehingga dapat berjumpa dengan Ramadan di tahun-tahun yang akan datang, Aamiin…Aamiin…Ya Robbal’aalamiin.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *