MIT Ar Roihan, Sambut Kunjungan Studi Tiru KKMI Kab. Jember

Jelang libur awal Ramadan 1445 H, MIT Ar Roihan masih terbuka untuk menerima kunjungan dan silaturrahim dengan sekolah dan madrasah di Indonesia. Kali ini, 13 dewan guru, kepala madrasah, dan juga pengawas dari KKMI Kec. Jombang Kab. Jember berkunjung ke MIT Ar Roihan Lawang, pada Hari Kamis (7/3). Silaturrahim bertajuk kunjungan studi tiru ini bertujuan untuk menyambung tali persaudaraan; mengenal manajemen pengelolaan pembelajaran dan kurikulum Inklusi; mengetahui sistem pembelajaran ABK di bidang materi umum, maupun Tahfidz; dan mengadaptasi serta menerapkan informasi yang telah diperoleh sebagai gambaran secara langsung untuk praktek lebih dalam tentang tata kelola madrasah inklusif.

Pukul 09.30 rombongan disambut oleh Dr. Lailil Qomariyah, M.Pd; selaku Kepala Madrasah. Pukul 10.20 beralih kegiatan observasi kunjungan kelas yang bertujuan untuk menunjukkan fakta lapangan terkait kegiatan pembelajaran di kelas, metode mengajar guru untuk siswa ABK. Kegiatan observasi kelas ini didampingi juga oleh MAna Akhirul. S.Psi; selaku Koordinator Inklusi, serta beberapa staf inklusi dan guru pendamping khusus.

Melalui sorot mata tim KKMI Kab. Jember terpancar rasa kagum terhadap proses pembelajaran ABK yang diterapkan di MIT Ar Roihan, terutama saat berkunjung dan melihat siswa dengan hambatan tertentu, mengajak siswa reguler untuk berinteraksi. Selain itu, tim KKMI Kab. Jember juga berkesempatan untuk berkunjung ke Ruang Sumber untuk mengetahui secara langsung tentang terapi-terapi yang dilakukan untuk melancarkan dan memudahkan proses belajar siswa berkebutuhan khusus.

Pukul 11.00, acara kembali dipusatkan di ruang pertemuan untuk tanya jawab. Beberapa pertanyaan saat tanya jawab diantara tentang rekrutmen guru, pengelolaan dan pembiayaan madrasah, sumber pendapatan madrasah
proses pembelajaran dan terapi siswa ABK, dan lain sebagainya

Muhammad Hilal, S.Pd; selaku Ketua KKMI Kab. Jember sempat menuturkan ungkapan syukur dan terima kasih, atas berkenannya MIT Ar Roihan menerima kunjungan dari beliau dan rekan, dengan rasa kekeluargan yang demikian hangat. Selain itu, layanan pendidikan Inklusi di MIT Ar Raihan Lawang, sungguh luar biasa. Beliau juga mengucapkan doa semoga MIT Ar Roihan senantiasa sukses selalu.

Kami ucapkan terima kasih atas kunjungan KKMI Kec. Jombang Kab. Jember ke MIT Ar Roihan Lawang

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *