MIT Ar Roihan, Sukacita Sambut Ramadan 1445 H

Alunan musik marching Bahana Swara Ar Roihan mengiringi kemeriahan dan sukacita dalam kegiatan pawai menyambut datangnya Bulan Ramadan 1445 H. Pawai yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 1-4 beserta guru ini, diselenggarakan pada Hari Jum’at (8/3). Sebagaimana diketahui bersama bahwa perkiraan 1 Ramadan akan jatuh antara Hari Senin (10/3) dan Hari Selasa (11/3).

Pawai menyambut Ramadan ini selalu dilaksanakan oleh MIT Ar Roihan setiap tahunnya, namun pada kegiatan kali ini peserta pawai jauh lebih sedikit, karena bertepatan dengan Ujian Praktek Ubudiyah bagi siswa kelas 6 dan libur pasca mancakrida untuk siswa kelas 5.

Kegiatan diawali dengan Salat Dhuha berjamaah di halaman madrasah pada pukul 07.00. Selepas Salat Dhuha, tepat pukul 07.30, Dr. Lailil Qomariyah, M.Pd.; selaku Kepala Madrasah memberangkatkan peserta pawai yang dikawal langsung oleh tim dari Kepolisian Sektor Lawang. Seluruh siswa kelas 1-4 berbaris di belakang pasukan Marching Bahana Swara Ar Roihan, dilanjutkan dengan barisan penampilan seni Al Banjari, pada barisan terakhir.

Sepanjang rute, seluruh siswa peserta pawai yang mencapai 525 anak, membagikan jadwal imsakiyah pada masyarakat sekitar dan pengguna jalan di lingkungan madrasah. Tentunya jumlah siswa yang tidak sedikit ini, dalam pengawasan 55 orang guru, yang bertugas untuk memastikan keselamatan dan ketertiban siswa saat membagikan jadwal imsakiyah pada pengguna jalan.

Nafrizal Aldy, S.Akun; selaku Ketua Pawai Ramadan menuturkan bahwa kegiatan ini sengaja digelar untuk mengembangkan rasa gembira dan suka cita dalam menyambut Bulan Ramadan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi pada siswa bahwa berpuasa Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh semua umat Islam. Selain itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjaga dan memperkokoh nilai-nilai keagamaan di masyarakat.

Marhaban Ya Ramadan, Semoga Allah Swt melancarkan dan memudahkan ibadah puasa kita semua, serta semoga Allah Swt. memberikan kesempatan pada kita semua untuk berjumpa pada Bulan Ramadan berikutnya. Aamiin…Aamiin…Ya Robbal’aalamiin.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *