Mancakrida Siswa Kelas 5 di Kaliwatu Rafting

Mengawali Bulan Maret, kegiatan luar madrasah dilaksanakan oleh siswa Kelas 5. MIT Ar Roihan bekerjasama dengan Kaliwatu Rafting Batu, untuk penyelenggaraan Mancakrida Siswa Kelas 5, pada Hari Kamis (7/3). Kaliwatu Rafting adalah sebuah wahana wisata yang berfokus pada aktivitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram atau beriam. Pengarungan alur sungai tersebut, tentunya menggunakan alat-alat yang dapat menjamin keamanan dan keselamatan peserta, diantaranya perahu karet, dayung, pelampung, dan lain sebagainya.

Tepat pukul 07.45, 125 Siswa Kelas 5 dengan pendampingan 15 orang guru bersiap menuju Kaliwatu Raftingbyang berlokasi Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu . Sesampainya disana siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk memulai belajar bersama dengan pemandu kegiatan dari pihak Kaliwatu Rafting. Konsep kegiatan outbound di Kaliwatu Rafting adalah Gabungan dari outbound team building, Psikologi dan leadership, karena menyertakan nilai-nilai psikologis, kebersamaan dan kepemimpinan di permainan. Pemandu mengamati perilaku personal dan kelompok pada saat kegiatan outbound berlangsung.

Mancakrida kali ini dilaksanakan ditengah musim penghujan, namun hal ini tidak menjadi sebuah hambatan karena MIT Ar Roihan telah memastikan keamanan kegiatan pada pihak Kaliwatu Rafting. Kaliwatu Rafting-pun telah menyiapkan SOP tertentu untuk mengatasi kendala kegiatan jikalau hujan mengguyur Kota Batu secara tiba-tiba.

Beragam kegiatan seru dan menyenangkan dilakukan dengan gembira dan penuh sukacita, kegiatan tersebut diantaranya adalah menyatukan semangat kerjasama siswa dengan pemandu kegiatan melalui aktifitas Hey Hello untuk berfoto bersama; menjalin keakraban dengan pemandu melalui kegiatan Ice Breaking; olahraga bersama dengan Senam; unjuk keberanian diri dan kerjasama pada rangkaian kegiatan permainan Crazy Wheel, Soccer Game, High Rope Flying Fox, dan lain sebagainya; lalu dilanjutkan dengan aktifitas utama yang sangat dinanti, yaitu Rafting.

Zulfikar El Amin, S.Ag; selaku ketua mancakrida kelas 5 menuturkan bahwa Kaliwatu Rafting sengaja dipilih karena tempat ini menyuguhkan nuansa alam asri dan udara segar yang sangat sesuai untuk terapi refreshing siswa dari penatnya belajar di madrasah, adanya aktifitas Rafting merupakan salah satu kegiatan menarik yang dapat menjadi pengalaman pertama dan tak terlupakan bagi siswa.

Selamat atas pengalaman baru yang seru dan menyenangkan siswa kelas 5. Sampai bertemu lagi pada kegiatan seru berikutnya

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *