MIT Ar Roihan, Sambut Kunjungan Studi Visit EQUIC

MIT Ar Roihan menerima kunjungan dan silaturrahim dengan sekolah dan madrasah di Indonesia. Kali ini, 33 orang praktisi pendidikan dari EQUIC (Education Quality Improvement Consortium) berkunjung ke MIT Ar Roihan Lawang, pada Hari Rabu (6/3). Sebagai informasi EQUIC merupakan adalah sebuah wadah bersama lembaga-lembaga dan individual untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan 8 Standar Nasional Pendidikan, secara mandiri. EQUIC berpandangan bahwa peningkatan mutu pendidikan tidak boleh diasandarkan pada uluran tangan pemerintah atau lembaga donor semata. Lembaga-lembaga pendidikan perlu didorong untuk tidak menyiakan waktu dengan menunggu uluran tangan itu. Ada bantuan lebih baik, namun bila tak ada sekolah dan madrasah harus tetap maju secara mandiri.

Silaturrahim bertajuk kunjungan belajar praktek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan inklusif di madrasah ini bertujuan untuk menyambung tali persaudaraan; mengenal manajemen pengelolaan pembelajaran dan kurikulum Inklusi; mengetahui sistem pembelajaran ABK di bidang materi umum, maupun Tahfidz.

Pukul 08.30 rombongan disambut dengan alunan musik angklung dari alumni dan siswa ABK MIT Ar Roihan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan paparan profil MIT Ar Roihan oleh Dr. Lailil Qomariyah,M.Pd; selaku Kepala Madrasah. Pukul 09.00 beralih kegiatan observasi kunjungan kelas yang bertujuan untuk menunjukkan fakta lapangan terkait kegiatan pembelajaran di kelas, metode mengajar guru untuk siswa ABK. Kegiatan observasi kelas ini didampingi oleh beberapa staf inklusi dan guru pendamping khusus.

Beberapa praktisi pendidikan EQUIC mengungkapkan rasa kagum, terutama saat berkunjung dan melihat siswa dengan hambatan tertentu, mengajak siswa reguler untuk berinteraksi. Selain itu, tim EQUIC juga berkesempatan untuk berkunjung ke Ruang Sumber untuk mengetahui secara langsung tentang terapi-terapi yang dilakukan untuk melancarkan dan memudahkan proses belajar siswa berkebutuhan khusus.

Pukul 10.00, acara kembali dipusatkan di ruang pertemuan untuk tanya jawab. Beberapa pertanyaan saat tanya jawab diantara tentang rekrutmen guru, proses pembelajaran dan terapi siswa ABK, dan lain sebagainya.

Muhammad Ikhsan dari tim EQUIC sempat menuturkan ungkapan syukur dan terima kasih, atas berkenannya MIT Ar Roihan menerima kunjungan dari EQUIc dengan rasa kekeluargan yang demikian hangat. Selain itu, layanan pendidikan Inklusi di MIT Ar Raihan Lawang, sungguh luar biasa. Beliau juga mengucapkan doa semoga MIT Ar Roihan senantiasa sukses selalu.

Kami ucapkan terima kasih atas kunjungan EQUIC (Education Quality Improvement Consortium) ke MIT Ar Roihan Lawang.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *