Mancakrida Siswa Kelas 6 ke Yogyakarta

Jelang pisah kenang siswa di penghujung Tahun Ajaran 2023/2024, MIT Ar Roihan bekerjasama dengan Sahabat Tour and Travel untuk penyelenggaraan Mancakrida Siswa Kelas 6, pada Hari Selasa-Rabu (21-22/5).

Hari Selasa (21/5) tepat pukul 07.20, sembilan puluh tujuh Siswa Kelas 6 dengan pendampingan delapan belas orang guru bersiap menuju Yogyakarta, melalui enter Tol Purwodadi; Jawa Timur sampai exit tol Karanganyar; Solo Jawa Tengah. Ditengah perjalanan ronbongan istirahat sejenak untuk makan siang serta Salat Jama’ Taqdim Dhuhur Ashar pada pukul 11.25 di Rest Area Sragen KM.85. Perjalanan berlanjut menuju destinasi pertama, dan tiba di Heha Sky View; Gunung Kidul Yogyakarta jelang pukul 15.00. Sesampainya disana siswa dibagi dalam beberapa kelompok, sesuai kelas bersama dengan guru pendamping yang ditunjuk untuk menikmati pemandangan kota Yogyakarta, dengan pemandu kegiatan dari pihak penyelenggara tour.

Puas menikmati keindahan Yogyakarta dari wilayah Gunung Kidul, perjalanan dilanjutkan ke pusat oleh-oleh Bakpia Tugu; bakpia industri yang tengah viral saat ini, karena keunik bentuknya yang menyerupai bakpao. Pukul 18.50, rombongan makan malam dengan sajian Sate Klatak khas Yogyakarta. Pukul 20.30 menuju destinasi terkenal di Yogyakarta; Malioboro untuk berburu oleh-oleh, menikmati suasana, berjalan-jalan, wista kuliner, dan lain sebagainya. Sekitar pukul 22.45 rombongan melanjutkan perjalanan selama lima belas menit menuju Hotel De Laxton untuk beristirahat.

Keesokan harinya, Rabu (22/5) setelah makan pagi dan checkout hotel, rombongan kembali menuju daerah Gunung Kidul untuk berkegiatan di Pantai Sadranan dan Gua Pindul. Beragam kegiatan seru dan menyenangkan dilakukan dengan gembira dan penuh sukacita. Pantai Sadranan sebagai salah satu dari rangkaian wisata pantai selatan di Yogyakarta berhasil menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah, sehingga selain berfoto dengan latar belakang ombak lautan, rombongan dapat melakukan snorkling dan susur laut (pada batas tertentu) menggunakan perahu. Kegiatan di Pantai Sadranan ini dilaksanakan setelah makan siang di salah satu rumah makan di sekitar pantai tersebut.

Matahari bergerak perlahan ke arah barat, pukul 15.30 perjalanan dilanjutkan menuju Gua Pindul untuk Salat Jama’ Ta’khir Dhuhur dan Ashar dilanjutkan Cave Tubing; menyusuri aliran sungai bawah tanah, yang memiliki tiga pembagian tempat disesuaikan dengan besaran intensitas cahaya yang masuk di ruang gua. Tentunya demi keamanan dan kelancaran, kegiatan di Pantai Sadranan dan Gua Pindul selalu dalam pendampingan dan pengawasan dari pemandu profesional dibidangnya.

Menunggu sejenak, hingga masuk waktu Salat Maghrib. Rombongan melaksanakan Salat Jama’ Taqdim Maghrib Isya, lalu bersiap melanjutkan perjalanan pulang ke Malang, dengan memanfaatkan akses enter Tol Karanganyar; Solo Jawa Tengah hingga exit Tol Purwodadi; Pasuruan Jawa Timur. Rombongan sempat beristirahat sejenak untuk makan malam di rumah makan Sekulan yang berlokasi di Rest Area Sragen. Rombongan tiba kembali di madrasah pada pukul 02.00 Kamis dini hari (23/5).

Ema Fitriyah, S.Pd; Selaku Ketua Panitia Mancakrida Kelas 6 menuturkan bahwa Yogyakarta sengaja dipilih karena memiliki banyak destinasi indah yang sangat mendukung perkembangan pengetahuan terkait kearifan pesona alam maupun budaya Indonesia.

Selamat atas pengalaman baru yang seru dan menyenangkan siswa kelas 6. Sampai bertemu lagi pada kegiatan seru berikutnya.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *