MIT Ar Roihan Lawang, Laksanakan Munaqosah Tahfidzul Qur’an Ke-32

Munaqosah Kubro Tahfidzul Qur’an untuk Juz 30,1, 2, 3, 5, dan 12 dilaksanakan pada hari Sabtu (25/5), mulai pukul 09.00 hingga 12.00. Kegiatan yang rutin diselenggarakan empat kali dalam satu tahun ajaran, menghadirkan Dewan Munaqis, yaitu Ustd. Ainun; Ustd. Chusni; Ustd. Taufiq; Ustd. Abdullah; Ustd. Roziqin; Ustd. Rizal.

Sebelum munaqosah dilaksanakan, siswa akan mengikuti pretest untuk memetakan kembali sejauh mana kesiapansiswa untuk mengikuti munaqosah. Pada kegiatan pretest siswa disimak oleh masing-masinh guru tahfidnya. Jika sudah dinyatakan lancar siswa bisa menjadi peserta munaqosah, namun jika belum lancar, siswa akan dibimbing kembali dalam beberapa hari untuk melancarkan hafalannya, dengan harapan saat munaqosah nanti dapat dinyatakan lulus.

Pada kegiatan munaqosah, orang tua diundang untuk turut menyimak hafalan putra-putrinya. Para orang tua ini juga membawa beberapa nasi kotak untuk dimakan bersama peserta munaqosah, Guru dan walimurid lain sebagai wujud ungkapan kesyukuran atas keberhasilan putra-putrinya dalam menghafalkan al Qur’an per juz.

Setelah lulus munaqosah, siswa mendapat sertifikat per juz dari madrasah. Sertifikat tersebut nantinya dapat menjadi prestasi penunjang / pendukung untuk masuk sekolah lanjutan berikutnya. Pada munaqosah tahfidz ke-32 ini, siswa membaca Al Qur’an bil ghoib sesuai dengan pencapaian pencapaian juznya, dengan gambararan jika hafal 5 Juz maka siswa akan membaca semua 5 juz tersebut, jikaa hafal 10 juz maka siswa tersebut juga akan di tasmi’ 10 juz sebaggai bukti bahwa hafalan siswa benar-benar lancar
Munaqosah ke-32 yang berlangsung dengan lancar dan khidmat ini, diikuti oleh 30 peserta, sebagai berikut:
Juz 30: Shofiyah Balqis (6 Guangzhou), Ichi (2 Baghdad), Mahyra (2 Baghdad), Kayla (2 Baghdad, Varisha (2 Baghdad), Disi (2 Baghdad), Althaf (2 Baghdad), Raja (2 Baghdad), Syakila (4 Makkah)
Juz 1: Wirda (3 Istanbul), Hilwa (3 Istanbul), Hanifah (3 Istanbul), Arkan (3 Istanbul), Kayyisah Izzatunnisa Habibah (5 Bukhara), Raifan (4 Madinah), Zahra (4 Madinah), Rafandra (2 Baghdad)
Juz 2: Afifah (3 Istanbul), Aqueena (4 Madinah)
Juz 3: Bilal (3 Istanbul), Nasyifa (3 Istanbul), Ilham saputra (3 Istanbul), Falih (3 Istanbul), Adzkia (3 Istanbul), Adella Tihama Mirshada (5 Bukhara), Frischa Indah Natasya (5 Bukhara), Maulidya Tahira Putri Sakinah (5 Bukhara), Nayla Syarifa Azzahra (5 Bukhara)
Juz 5: Septian (6 Tarim)
Juz 12: : Nada (6 Tarim)

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *