KURIKULUM TEPAT UNTUK GENERASI HEBAT

20160419_081158MIT Ar Roihan sejauh ini sudah menerapkan kurikulum 2013 yang sudah ditetapkan pemerintah. Bahkan revisi yang ada di tahun ini juga telah diimplementasikan di madrasah ibtidaiyah ini.

Kurikulum di MIT Ar Roihan pada dasarnya dinamis dan terus mengikuti perkembangan zaman. Namun intinya ada 3 kurikulum yang diterapkan, pertama kurikulum dari kementerian pendidikan dan kebudayaan, kedua kurikulum dari  kementerian agama, ketiga kurikulum khas Ar Roihan.

Menurut Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Miftachul Chotimah, S.Pd.I, pada revisi kurikulum 2013 tahun ini ada beberapa perubahan. Diantaranya untuk penilaian sikap yang dulu dikerjakan oleh guru mata pelajaran sekarang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) atau guru Pendidikan  Kewarganegaraan (PKN) yang dipegang oleh guru kelas.

Untuk ranah pengetahuan (kognitive) yang selama ini pada tataran sekolah dasar hanya dibatasi dengan “memahami” kini dibolehkan lebih jauh untuk bisa “mencipta”. Tentunya mencipta di sini desesuaikan dengan kondisi peserta didik.

Pembelajaran di sekolah tetap akan dilanjutkan dengan suasana yang menyenangkan dan demokratis. Sesuai dengan filosofi sekolah bahwa semua anak adalah anugerah Allah dan mempunyai talenta berbeda yang diberikan oleh-Nya. Untuk itu sesuai multiple intelligences research yang diadakan di awal tahun, setiap anak diusahakan terakomodasi gaya belajar dan bakatnya di MIT Ar Roihan.

Lebih jauh, wakakur mengatakan bahwa program khusus kurikulum tahun ini akan menitikberatkan pada penguasaan bahasa dengan 3 bahasa yakni, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Daerah. Program yang dinamai one day one language ini diharapkan dapat berjalan lancar di tahun pelajaran ini.

Entrepreneurship juga merupakan program yang akan diusung oleh wakakur di tahun ini. Rencananya di setiap bulan ada entrepreneur day yang akan diselenggarakan di  sekolah. Peserta didik akan belajar berjual beli langsung di sekolah dan diharapkan pembelajaran kewirausahaan ini akan memberi dampak manfaat yang besar bagi anak-anak.

 

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *