PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN

20160823_095016Hari-hari yang disibukkan dengan padatnya agenda dan acara  bagi Kepala Madrsah Ibtidaiyah Terpadu Ar Roihan Lawang, tidak menyurutkan peran Ibu Lailil Qomariyah, S.Pd.I untuk menjadi konsultan lesson plan maupun supervisi dan observasi kelas bagi para pendidik yang ada di naungan MIT Ar Roihan Lawang.

Terciptanya pembelajaran yang menarik, menyenangkan, ďan bermanfaat bagi peserta didik adalah standar yang harus ada di MIT Ar Roihan. Oleh karenanya peran sebagai supervisi pendidikan bagi kepala sekolah mutlak dilakukan supaya pembelajaran dapat dilakukan dengan maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

Seperti halnya yang berlaku di MIT Ar Roihan, untuk kelancaran supervisi dan konsultasi lesson plan, maka kepala sekolah pun mengambil peran aktif dalam supervisi pendidikan. Meskipun di MIT Ar Roihan sendiri dibentuk koordinator bidang penelitian dan pengembangan yang diketuai oleh Yuni Padmi, S.H.

Dalam supervisi pendidikan di bidang kurikulum, peran kepala madrasah diantaranya adalah: sebagai sumber informasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan, sebagai fasilitator, sebagai motivator, dan sebagai pengendali mutu pendidikan.

Sementara itu evaluasi penyelenggaraan bidang kurikulum meliputu berbagai aspek, yaitu: aspek perencanaan (konsultasi lesson plan setiap pendidik), aspek pelaksanaan/implementasi (supervisi dan observasi kelas), serta aspek evaluasi proses dan hasil (feedback dan saran).

Dengan adanya peran supervisi ini diharapkan standar mutu pendidukan yang ada di MIT Ar Roihan tetap terjaga dan terus ditingkatkan di setiap tahunnya.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *