Multiple Intelligence Research di MIT Ar-Roihan Lawang 2019

Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ar-Roihan Lawang sudah menutup pendaftaran peserta didik baru tahun 2019/2020 dengan mengadakan Multiple Intelligence Research (MIR) bagi peserta didik baru. MIR diselenggarakan setiap tahunnya pada bulan Maret untuk mengetahui masing-masing kecenderungan kecerdasan anak yang akan menjadi peserta didik di madrasah ini. Madrasah yang berbasis pada kemajemukan peserta didik ini melaksanakan MIR pada 23 dan 30 Maret 2019 dengan 125 anak yang akan dibagi menjadi 5 kelas untuk kelas 1 di tahun pelajaran 2019/2020.

MIT Ar-Roihan Lawang menggandeng Next Edu Worlwide Surabaya dalam menganalisis multiple intelligence peserta didik baru. Madrasah ini juga sudah melakukan MIR sejak tahun 2012. Sebab madrasah ini berpandangan bahwa IQ bukan satu-satunya penentu keberhasilan anak di masa depan. Setidaknya setiap anak masih memiliki satu atau beberapa kecerdasan lain yang bisa dioptimalkan, yaitu: kecerdasan visual-spatial, kinestetik, linguistik, natural, math-logic, musical, interpersonal, intrapersonal.

Tujuan dari MIR sendiri adalah untuk mengetahui kecenderungan kecerdasan anak yang majemuk atau ganda tersebut sehingga guru dan orang tua dapat mengetahui secara tepat treatment, tindakan, atau perlakuan yang sesuai dengan kecerdasannya tersebut. Anak dengan type musical tentu lebih enjoy jika pembelajaran disertai dengan lagu-lagu dan musik, sedangkan anak dengan type natural pasti lebih senang dan merasa nyaman jika belajar di tempat terbuka atau alam.

Tentu, hasil MIR ini bukan untuk mengkotak-kotakkan peserta didik. NamunĀ  madrasah menyediakan kesempatan dan fasilitas seluas-luasnya terhadap beragamnya potensi dan kecerdasan masing-masing anak. Madrasah juga mendorong seluruh guru untuk dapat menerapkan multiple intelligence di kelas sebagai pintu masuk proses pembelajaran yang memanusiakan manusia.

Maka tidak heran jika madrasah ini sudah menutup pendaftaran peserta didik baru di tahun pelajaran 2019/2020 ini dengan begitu besar animo masyarakat yang menginginkan anaknya bersekolah di tempat ini. Lalu bagaimana dengan mekanisme pendaftaran di MIT Ar-Roihan? Silahkan melakukan indentasi (memesan tempat) terlebih dahulu untuk melakukan pendaftaran di tahun ajaran sekolah yang akan datang.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *