SISWI MIT AR-ROIHAN LAWANG RAIH JUARA 1 MENULIS CERPEN ANAK YDSF AWARD 2019

Ahad (28/7) agaknya menjadi hari paling membahagiakan bagi Kamiliya Mumtazah, siswi kelas 6 Tarim Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ar-Roihan Lawang. Pasalnya gadis kecil berusia 11 tahun ini menerima penghargaan sebagai juara 1 Lomba Menulis Cerita Pendek Anak yang diselenggarakan oleh YDSF Malang dengan tajuk Literasi Anak.

Acara penghargaan yang diselenggarakan di Gedung Widyagraha Universitas Widyagama Malang ini juga bersamaan dengan acara milad ke-10 Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Malang. Dihadiri oleh ratusan undangan, acara ini juga mendatangkan nara sumber artis dan daiyah Oki Setiana Dewi dari Jakarta.

Kamiliya Mumtazah patut berbangga karena bisa menyisihkan peserta lainnya dari seluruh Indonesia. Cerpen yang dikirimkannya dengan judul Kebaya Nenek mendapat tempat tersendiri di hati para juri yang berasal dari komunitas Litera Malang. Cerpen yang bertema berbagi itu indah mengisahkan tentang pemberian kenang-kenangan dari seorang nenek kepada cucunya yang pada akhirnya membuahkan hasil untuk kembali disedekahkan.

Pada tahun 2018 lalu, Kamiliya Mumtazah juga mendapatkan juara 1 tingkat nasional Write a Story yang diadakan oleh Erlangga for Kids. Sedangkan pada tahun 2016, gadis yang bercita-cita menjadi enterpreneur dan penulis ini meraih 20 besar penulis cilih versi Penerbit Indiva Surakarta.

Beberapa karyanya yang pernah diterbitkan antara lain: novel duet Makanya Aku Bilang Apa, Penerbit karpeterbang Malang 2015. Ayam Tetanggaku, diterbitkan dalam kumpulan cerpen Sajadah untuk Ayah diterbitkan Indiva Surakarta 2017. Persahabatan dalam Semangkuk Mie Panas dan Jalan Setapak di Tengah Hutan, diterbitkan dalam kumpulan cerpen Berlayar Bersama Ibnu Batutah, Mujahid Press Bandung 2018.

Proyek selanjutnya yang sedang dilakukan oleh siswi kelahiran Malang, 25 Desember 2007 ini adalah membuat kumpulan cerpen bersama teman-temannya yang tergabung dalam ekskul creative writing di MIT Ar-Roihan Lawang. Bravo! Semoga terwujud.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *