Kunjungan ke Fasilitas Umum

Pada tengah akhir semester ganjil, biasanya secara bertahap mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 di MIT Ar-Roihan melaksanakan kunjungan belajar ke fasilitas umum atau disingkat Fasum. Namun di masa pandemi ini tentu untuk melakukannya masih belum dapat dilaksanakan secara beramai-ramai. Karenanya acara kunjungan ke fasilitas umum diserahkan pada masing-masing keluarga siswa MIT Ar-Roihan Lawang.

Uniknya, pada kunjungan fasilitasi umum ini diwajibkan pada setiap siswa untuk membuat laporan pada wali kelas. Boleh berisi tentang catatan dilengkapi dnegan foto, boleh juga berupa video blog. Nah, keseruan dari kunjungan fasilitas umum ini pun bermacam-macam karena setiap keluarga memilihkan tempat yang berbeda bagi anak-anaknya.

Ada yang berkunjung ke museum, bandara, pasar, pabrik, atau terbanyak ke tempat wisata. Di sana siswa dan orang tuanya mengamati dan mengobservasi banyak hal yang dijumpai. Selain berfoto-foto, mereka juga diperbolehkan untuk bertanya dan mewawancarai petugas ataupun orang yang juga berkunjung di tempat tersebut.

Hasilnya? wah, sungguh mencengangkan. Sebagian anak bahkan dengan gaya reportase sudah bisa ngevlog dan menceritakan bagian-bagian dari stadion, atau menceritakan dalam sebuah lembar majalah tentang sebuah peternakan, dan lain sebagainya.

Sebagai apresiasi, MIT Ar-Roihan memberikan hadiah payung, mug, gantungan kunci cantik bagi reportase laporan terbaik para siswa di ruang publik. Silakan diambil hadiahnya bagi para pemenang.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *