Kunjungan Belajar Siswa Kelas 1 ke BBIB Singosari Malang

Kunjungan belajar luar sekolah merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksnakan oleh siswa MIT Ar Roihan. Pekan ini, tepatnya pada Hari Rabu (27/9), 129 siswa kelas 1 dan 21 orang guru berkunjung ke Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari.

BBIB Singosari sengaja dipilih sebagai tempat untuk belajar secara nyata tentang tema “Pemanfaatan Hewan untuk Pembuatan Makanan Sehat”. BBIB Singosari adalah salah satu peternakan besar di Indonesia, yang memiliki keunggulan dengan tersedianya beragam varietas sapi, misalnya: Sapi Bali; Sapi Ongole; Sapi Brahman; dan lain sebagainya.

Sebagaimana diketahui bersama, peternakan adalah salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia, sekaligus faktor pendukung utama dari ketersediaan makanan sehat.

Pemberangkatan dilaksanakan Dr. Lailil Qomariyah, M.Pd. Pukul 08.20 siswa diarahkan menuju auditorium untuk pengenalan profil BBIB; Pemutaran video mengenal bangsa sapi (sapi madura, sumbawa, aceh, india dll) serta manfaat sapi bagi kehidupan manusia; tanya jawab tentang materi (bbrapa mendapatkan souvenir katalog sapi); penyerahan cindera mata dari BBIB

Kegiatan berikutnya adalah keliling lingkungan BBIB dengan transportasi Kereta Biosecurity ke kandang sapi melihat bangsa sapi, tempat inseminasi, dan pembuatan pakan. Berlanjut dengan berkeliling area jerami untuk memberi pakan kambing; bermain d taman kelinci dan area playground; serta cooking class (membuat es krim) setiap siswa dberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan cooking class kemudian mengicipi es krim yg telah di buat, kegiatan diakhiri dengan penutup dan makan siang

Chullatul Lutfi,S.Pd; selaku ketua panitia kunjungan belajar menuturkan bahwa, melalui kunjungan ini, siswa dapat melihat langsung bagaimana sapi dipelihara dengan baik dan diberi pakan yang sehat. Kita juga dapat melihat proses pemeliharaan sapi dari mulai pembibitan, penggemukan, hingga proses pemanfaatan daging dan susu sapi hingga termasuk dalam rumpun makanan sehat. 

Kunjungan ke peternakan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar lebih banyak tentang industri peternakan di Indonesia, sekaligus mengenal dan memanfaatkan produk peternakan lokal dan mendukung perkembangan sektor peternakan di Indonesia.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *