Kunjungan Belajar Siswa Kelas 3 ke Milkindo Green Farm

Kunjungan belajar luar sekolah merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksnakan oleh siswa MIT Ar Roihan. Pekan ini, tepatnya pada Hari Rabu (12/10), 132 siswa kelas 3 dan 16 orang guru berkunjung ke Milkindo Green Farm Kepanjen Malang.

Milkindo Green Farm sengaja dipilih sebagai tempat untuk belajar secara nyata tentang tema “Menyayangi Hewan dan Tumbuhan”. Tempat ini mampu menyajikan pengetahuan yang beragam, melalui tersedianya beragam varietas hewan ternak, misalnya: Sapi; kambing; domba dan lain sebagainya, beserta produk olahannya.

Pemberangkatan dilaksanakan Miftachul Chotimah, M.Pd; mewakili Kepala Madrasah. Pukul 08.20 siswa diarahkan menuju aula untuk pengenalan profil Milkindo Green Farm; Pemutaran video mengenal perwatan hewan ternak, khususnya sapi; manfaat sapi bagi kehidupan manusia; tanya jawab tentang materi; dan lain sebagainya.

Kegiatan berikutnya adalah keliling lingkungan Milkindo, mulai dari kandang sapi untuk mempraktekkan teknik perawatan sapi yang benar dan belajar memerah susu; mengenal perawatan kambing ternak; mengenal teknik perawatan domba; perawatan angsa, dan lain sebagainya. Kegiatan diakhiri dengan mewarnai karya dekoratif, penutup dan makan siang. Untuk dibawa pulang, siswa mendapat susu dan karya dekoratif yang telah dikerjakan.

Kunjungan ke peternakan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar lebih banyak tentang industri peternakan di Indonesia, sekaligus mengenal dan memanfaatkan produk peternakan lokal dan mendukung perkembangan sektor peternakan di Indonesia.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *