Kunjungan Belajar Siswa Kelas 4 ke Wisata Edukasi Susu Batu

Kunjungan belajar luar sekolah merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksnakan oleh siswa MIT Ar Roihan. Pekan ini, tepatnya pada Hari Kamis (19/10), 147 siswa kelas 4 dan 24 orang guru berkunjung ke Wisata Edukasi Susu Batu, atau yang akrab dikenal dengan nama WESB Malang.

WESB sengaja dipilih sebagai tempat untuk belajar secara nyata tentang proses pengolahan susu dan mengenal lebih dekat tentang produk olahan berbahan dasar susu, sebagaimana diketahui bersama, susu merupakan salah satu minuman yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain rasanya yang lezat, susu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Pemberangkatan dilaksanakan Miftachul Chotimah, M.Pd; mewakili Kepala Madrasah. Pukul 08.20 siswa diarahkan menuju aula untuk pengenalan profil WESB; pemaparan materi yang telah dilengkapi dengan tayangan video terkait perawatan hewan ternak, khususnya sapi; manfaat sapi bagi kehidupan manusia; tanya jawab tentang materi; dan lain sebagainya.

Melalui kegiatan belajar luar madrasah di WESB, siswa dapat melihat langsung proses pembuatan susu dari awal hingga menjadi produk yang siap dikonsumsi, serta menambah pengetahuan tentang nutrisi susu dan manfaatnya bagi kesehatan. Siswa diajak untuk mengunjungi peternakan kecil dan berinteraksi langsung dengan sapi perah, untuk belajar memerah susu sapi. Petugas yang berpengalaman menjelaskan tentang teknik pemerahan susu yang benar dan steril. Setelah itu, siswa diajak ke area pengolahan susu. Di sini, siswa melihat proses pasteurisasi susu, yaitu proses pemanasan susu untuk membunuh bakteri yang mungkin ada di dalamnya. Siswa juga melihat proses homogenisasi susu, yaitu proses penggabungan lemak susu agar susu memiliki tekstur yang lebih lembut dan stabil. Kegiatan diakhiri dengan mencicipi kelezatan keju dan madu, dilanjutkan dengan penutup dan makan siang. Untuk dibawa pulang, siswa mendapat susu dengan ragam rasa yang berbeda-beda,.

Firmandini Islamy, S.Pd.I; selaku ketua pelaksana kunjungan belajar, menuturkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di WESB sangat sesuai dengan tema belajar ” Perubahan Wujud Benda”, disini kami para guru mencoba menunjukkan jawaban nyata dari rasa penasaran anak-anak, Bagaimana Susu yang Cair, dapat berubah menjadi Es Krim dan Keju yang Padat ?. Tidak sekedar menjawab rasa penasaran, siswa juga mendapatkan pengetahuan tentang proses pengolahan susu menjadi produk susu lainnya, seperti yoghurt, keju, dan es krim. Siswa melihat langsung proses pembuatan produk-produk tersebut dan harapannya siswa bisa mencoba membuatnya di rumah bersama orang tua.

Wisata edukasi susu sangat cocok untuk semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Bagi anak-anak, kegiatan ini bisa menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, memberikan pengetahuan mendalam tentang pentingnya susu dalam pertumbuhan mereka. Sedangkan bagi dewasa, wisata edukasi susu bisa menjadi kesempatan untuk menambah pengetahuan tentang susu dan manfaatnya bagi kesehatan.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *